TANJUNG SELOR, AKTUAL.COM – Dikutip dari laman diskominfo.kaltaraprov.go.id pada 13 Januari 2022 lalu, kerukunan dan toleransi umat beragama menurut Gubernur Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum menjadi salah satu faktor yang menjadikan Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil menduduki peringkat kedua dalam indeks kebahagiaan se-Indonesia.

Peranan pemimpin umat beragama menjadi penggerak utama menciptakan sumber daya manusia yang berakhlak mulia. Keterbukaan pemimpin daerah terhadap organisasi/lembaga khususnya dibidang keagamaan menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat sehingga dapat menyukseskan program pemerintah.

Sebagai bentuk perhatiannya, Gubernur Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum menerima audiensi bersama pemimpin agama dari para Pendeta Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh (GMAHK) se-kalimantan Utara, diruang kerjanya, Kantor Gubernur Lt. I, Senin (27/6). Turut hadir pendeta GMAHK Berau yang juga merupakan satu wilayah kerja/ sinode dari GMAHK Kaltara.

“Saya berterima kasih, atas audiensi yang kita gelar guna mendukung dan menyukseskan program pemerintah provinsi Kaltara. Saya minta kita bisa saling bersinergi untuk mendukung Kaltara menjadi Berubah, Maju, dan Sejahtera,” kata Gubernur Zainal.

Usai melakukan audiensi bersama Gubernur, Pdt. Wilman Habeahan dari GMAHK Tarakan menyebutkan bahwa tujuan audiensinya bersama Gubernur adalah dalam rangka menyampaikan program kerja GMAHK yang diterjemahkan dari program-program pemerintah.

“Gereja Advent yang ada di Kaltara bersinergi dengan pemerintah melalui program-program yang diberikan pemerintah. Pertama adalah vaksin. Jadi kami usahakan pendeta dan jemaat tuntas mendapatkan vaksin satu hingga booster,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa GMAHK mendukung pemerintah salah satunya dari segi kesehatan. Tidak hanya menuntaskan program vaksinasi COVID-19, GMAHK juga membantu mengupayakan penurunan stunting/gizi buruk di wilayah kerja (sinode) GMAHK seperti mengadakan seminar-seminar bagi jemaatnya.

Program tersebut, menurutnya, disambut baik oleh Gubernur. “Tanggapan Gubernur sangat senang karena Gereja Advent turut serta mendukung dan bersinergi membangun Kaltara. Karena tagline Kaltara ini adalah Kaltara di Hati. Berarti kita juga perlu menjaganya dengan baik,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan pesan dari Gubernur yang akan meluncurkan program Kaltara Bersih. “Jadi kami sangat mendukung program ini. Di mana ada Gereja Advent, kami akan mendukung,” tutupnya. (*)

(Suryansah)