Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir mengembalikan bola ke ganda campuran Rusia Rodion Kargaev dan Ekaterina Bolotova pada Kejuaraan Dunia Total BWF World Championship 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (11/8). Pasangan Tontowi-Liliyana menang dengan skor 21-11, 21-11 dan melaju ke babak berikutnya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/15

Jakarta, Aktual.com — Sejumlah masyarakat pecinta olahraga bulu tangkis di kota Padang, Sumatera Barat, mendukung pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir merebut emas Olimpiade Brasil 2016.

“Kami berharap Tontowi dan Lilyana sabet emas pertama dengan kalahkan pasangan Malaysia,” kata salah satu pecinta Taufik Hidayat (23) di Padang, Selasa (16/8).

Bersama rekan di seluruh Indonesia yang berkumpul dalam komunitas Badminton di media sosial, dia memiliki keyakinan pasangan Indonesia menang atas Malaysia. Dia menganalisis bila perbandingan prestasi kedua pasangan tersebut memiliki perbedaan yang mencolok.

Tontowi-Lilyana dengan prestasi juara Dunia All England dan lainnya dinilai lebih unggul dari pasangan Peng Song Chan-Liu Yun Goh yang baru bersinar pada tahun ini. “Pasangan Malaysia memang menyulitkan namun, Indonesia bisa mengatasinya.”

Akan tetapi dia mengingatkan untuk mewaspadai semangat juang atlet Malaysia yang selalu berlipat saat berhadapan dengan Indonesia. “Terlalu percaya diri juga jangan, sebab bisa jadi bumerang yang berujung kegagalan.”

Pecinta bulu tangkis lain Syafriadi Hasan juga mendukung pasangan Indonesia juara olimpiade. Dirinya meyakini gelar juara bisa diraih oleh Tontowi dan Lilyana, karena adanya pengalaman dan kekuatan mentalnya.

Menurutnya kemenangan atas pasangan China Zhang Nan dan Zhao Yun Lei membuktikan adanya mental baja dari pasangan Indonesia, diharapkan keduanya memunculkan semangat yang sama di Final.

Sedangkan salah satu pelatih Basket di sekolah Firman (25) mengatakan faktor mental dan stamina akan jadi kunci kemenangan Tontowi dan Lilyana di Final.

Stamina diperlukan mengantisipasi rally panjang yang kemungkinan dikembangkan Malaysia, serta mental diperlukan menghadapi provokasi pasangan dan pendukung Malaysia.

“Penguasaa kedua faktor itu akan memberikan emas untuk ibu pertiwi.”

Sebelumnya Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia melalui ketua umumnya Gita Wirjawan menargetkan emas dari cabang tersebut di Olimpiade. Menurutnya tradisi emas Olimpiade dari cabang bulu tangkis harus dilanjutkan.

(Wisnu)