Jakarta, Aktual.co — Prancis mengumumkan (19/10)bahwa memerangi virus Ebola dan koalisi internasional terhadap Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL) menjadi prioritas utama dalam pertemuan Dewan Luar Negeri Uni Eropa di Luxemburg pada Senin (20/10) .

Menurut pernyataan Kemenlu Prancis, pertemuan tersebut akan membahas tanggapan Eropa untuk menghadapi virus Ebola, terutama dalam hal memobilisasi sumber daya manusia dan dana untuk melawan virus, yang menyebar di sejumlah negara Afrika Barat.

Pembahasan-pembahasan juga akan fokus pada perang melawan ISIL di Irak dan Suriah, serta membahas aspek kemanusiaan, politik dan militer untuk masalah ini, tambah pernyataan itu.

Dalam hal ini juga disebutkan bahwa para menteri Uni Eropa akan menegaskan dukungan mereka terhadap upaya yang diberikan oleh Bernardino Leon, Wakil Khusus Sekretaris Jenderal PBB di Libya, dan membahas cara-cara untuk memberikan dukungan yang diperlukan untuk dia untuk membuat misinya di Libya berhasil.

Pertemuan ini juga akan meninjau kecepatan proses perdamaian di Timur Tengah menyusul konferensi yang diadakan di Kairo pada 12 Oktober, serta program nuklir Iran menyusul pertemuan terakhir di Wina, kata kementerian Prancis.

()

()