Jakarta, Aktual.co — Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta melemah lima poin menjadi Rp12.018 dibanding posisi sebelumnya Rp12.013 per dolar AS.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan bahwa mata uang rupiah melemah tipis di tengah antisipasi pasar terhadap pengumuman kabinet RI periode 2014-2019 masih ditunggu pelaku pasar uang.

“Presiden dan Wakil Presiden RI menunda untuk mengumumkan nama-nama menteri dalam kabinetnya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (23/10).

Ia menambahkan bahwa tekanan nilai tukar rupiah juga seiring dengan pelemahan yang terjadi pada pasar surat utang negara (SUN) setelah beberapa hari terakhir ini mengalami penguatan cukup signifikan.

“Hari ini pelemahan rupiah dapat berpeluang berlanjut, kondisi itu juga bisa didorong dari pelemahan mata uang lain terhadap dolar AS di pasar Asia,” katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, membaiknya data Tiongkok pada hari ini diharapkan dapat mencegah pelemahan nilai tukar rupiah lebih dalam terhadap dolar AS.

()

(Eka)