Jakarta, Aktual.co —  Presiden Joko Widodo mengundang beberapa nama tokoh ke Istana Merdeka sejak siang tadi, Selasa (21/10). Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi orang pertama yang dipanggil Jokowi. Kedatangan Muhaimin luput dari pantauan wartawan. Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin ini terlihat keluar dari istana Presiden sekitar pukul 12.10 WIB.
Dia pun tak memberikan keterangan kepada wartawan, hanya senyum yang dia berikan.
Setelah Muhaimin, Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara datang ke Istana Negara, pada pukul 13.20 WIB. Tiba di kantor Presiden Jokowi, dia diantar oleh staf kepresidenan dengan menggunakan Mobil VW Caravelle dari Sekretariat Negara. 
Tidak ada kalimat yang keluar dari Mirza saat masuk ke dalam istana. Dia hanya mengumbar senyum sambil terus melangkah ke dalam.
Orang ketiga yang datang menghadap ke Presiden adalah Rektor Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat. Lagi-lagi, seperti Cak Imin dan Mirza, Komaruddin pun tak memberikan pernyataan apa-apa. Dia bergegas untuk bertemu Presiden Jokowi di ruang utama.
Pada pukul 15.00 WIB, eks Kepala Badan Intelijen Negara yang juga bekas Penasihat Tim Transisi Hendropriyono tiba di Istana Merdeka. Selang beberapa menit kemudian giliran mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Ryamizard Ryacudu yang datang ke kantor Presiden Jokowi. 
Namun sayang, Ryamizard ogah berbicara soal kedatangannya menemui Presiden. “Nggak,” kata dia. 
Setelah Ryamizard, Politikus Partai Hanura Yuddy Chrisnandi menemui Presiden Joko Widodo. Dia tidak membantah kedatangannya ke istana untuk membicarakan posisi menteri. Yuddy mengaku datang ke Istana karena dihubungi oleh Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Andi Widjajanto.
“Mudah-mudahan (jadi menteri),” kata Yuddy saat ditanya kepastian namanya masuk dalam kabinet Jokowi-JK. 
Hasto Kristiyanto dan Andi Widjajanto adalah dua orang yang berada dilingkaran Jokowi selama Pilpres kemarin.
Tak ketinggalan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung juga  datang ke Istana Merdeka. 
Namun, berbeda dengan Yuddy yang membenarkan dipanggil untuk membahas soal kursi kabinet, CT justru membantah jika kedatangannya untuk membicarakan masalah kabinet. Dirinya juga membantah sudah ditawari posisi menteri oleh Jokowi.
“Ada barang yang ketinggalan,” kata dia. 
Namun, baik Presiden Jokowi maupun Wakil Presiden Jusuf Kalla masih tertutup soal nama-nama calon menteri yang akan membantu mereka. Namun JK memastikan bahwa anggota kabinet belum akan diumumkan malam ini.
“Saya kira belum malam ini,” kata JK di Istana Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/10).

()