Erdogan

Ankara, Aktual.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan tak akan ada sanksi-sanksi AS yang diberlakukan atas Turki terkait keputusannya untuk membeli sistem pertahanan peluru kendali Rusia, kata Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Sabtu (29/6), beberapa jam setelah kedua pemimpin itu mengadakan pembicaraan bilateral.

Erdogan mengatakan dalam jumpa pers di Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 di Jepang bahwa Turki memperkirakan pengiriman jet-jet tempur siluman F-35 dari AS kendati kedua negara itu berbeda pendapat mengenai perjanjian S-400.

Ia menambahkan sistem pertahanan misil Rusia itu akan dikirim pada pertengahan Juli.

Turki dan Amerika Serikat, dua sekutu NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), telah berbulan-bulan berdebat soal keputusan Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Washington mengatakan bahwa S-400 dapat mengancam operasi pesawat-pesawat tempur siluman F-35, buatan Lockheed Martin Corp, yang juga ingin dibeli oleh Turki.

AS menyatakan Turki tidak boleh memiliki dua-duanya, S-400 dan F-35. Turki telah menyatakan keinginan untuk membeli 100 jet tempur F-35, yang pada saat ini bernilai total 9 miliar dolar AS (sekitar Rp128 triliun).

Sumber; Reuters

(Arbie Marwan)