Presiden Turki Tayyip Erdogan

Turki, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (12/10) mengatakan, Turki menyelamatkan jutaan orang dari penderitaan melalui kestabilan yang dipertahankannya di Idlib dan akan terus melakukan itu.

“Turki menyelamatkan puluhan ribu orang dari kematian, jutaan orang dari penderitaan, melalui kestabilan yang dipertahankannya di Idlib,” kata Erdogan dalam acara santap malam Pertemuan Puncak Ke-4 Pengadilan Tinggi Internasional seperti yang dilansir Xinhua, Sabtu (13/10).

Ia menambahkan bahwa dengan menampung lebih dari empat juta pengungsi dari Suriah, Irak, Afghanistan dan negara Afrika, Turki “memikul beban dan menyelamatkan kehormatan masyarakat internasional”.

“Kami melakukan ini tanpa bantuan berarti organisasi dan masyarakat internasional. Setakat ini, kami telah mengeluarkan 33 miliar dolar hanya buat pengungsi Suriah,” kata Erdogan, sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu.

Presiden Turki tersebut mengatakan di Suriah, Turki menangani sistem keamanan dan keadilan, yang pada gilirannya melicinkan jalan bagi perdamaian.

1
2