Jakarta, Aktual.com — Kacang mete menjadi salah satu jenis kacang -kacangan yang dihasilkan dari buah jambu monyet. Rasanya yang gurih seringkali dijadikan bahan olahan dalam membuat berbagai cemilan seperti coklat, pudding, hingga aneka ragam minuman.

Kacang mete (cashew) dianggap sebagai makanan yang mengandung lemak dan berkalori tinggi. Namun demikian, jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang, kacang mete bisa menjadi makanan ringan yang menyehatkan.

Kacang mete ini merupakan sumber protein dan serat yang baik. Lemak yang terkandung dalam kacang mete merupakan lemak tak jenuh tunggal, sehingga baik untuk kesehatan jantung manusia. Selain itu, kacang mete juga kaya akan kalium, zinc, asam folat, selenium, dan vitamin B.

Selain itu, kacang mete mengandung niacin dan trytophan yakni dua nutrisi penting yang membantu menstabilkan sistem saraf, mengurangi resiko serangan jantung, dan mencegah depresi, demikian laman NaturalNews melaporkan.

Sementara itu, masih ada beberapa manfaat lainnya dari kacang mete, di antaranya:

1. Mencegah kanker
“Proanthocyanidins” adalah jenis zat flavonol yang melawan sel-sel tumor dengan menghentikan mereka untuk memecahkan (membelahnya) lebih lanjut. Proanthocyanidins tersebut, terdapat dalam kacang mete. Bantuan untuk ‘menghancurkan’ sel-sel kanker, membuat Anda jauh dari kanker usus besar. Ini adalah salah satu manfaat kacang mete yang utama.

2. Mencegah batu di dalam empedu
Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 80.718 wanita, menurut ‘Nurses Health Study’ menunjukkan, bahwa perempuan yang makan setidaknya satu ons kacang setiap Minggu, seperti kacang mete, memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena batu empedu.

3. Membantu menurunkan berat badan
Meskipun kacang mete dianggap sebagai lemak, namun kacang mete mengandung kolesterol yang baik bagi kesehatan. Jadi bertentangan dengan kepercayaan yang populer, mereka yang makan kacang mete setidaknya dua kali seminggu akan mengalami penurunan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit.

4. Melawan anemia
Kacang mete merupakan sumber zat besi yang sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh manusia dan membantu dalam fungsi enzim dan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dalam diet dapat menyebabkan kelelahan tubuh, anemia, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

5. Membuat gusi dan gigi sehat
Seperti disebutkan sebelumnya, isi magnesium hadir dalam kacang mete sangat baik untuk tulang. Sehingga memberikan gigi sehat serta gusi yang kuat untuk membuat mereka (manusia) terhindar dari penyakit.

6. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Kacang mete mengandung zat seng, yang memainkan peran penting dalam penguatan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi mikroba, sintesis protein dan penyembuhan luka. Hal ini sangat penting selama kehamilan untuk pertumbuhan bayi dan tahun-tahun perkembangan masa kanak-kanak untuk mempertahankan kestabilan tubuh manusia.

()