Presiden FIFA Gianni Infantino

Jakarta, Aktual.com – Presiden FIFA Gianni Infantino mengumumkan format baru Piala Dunia Antarklub yang akan diikuti 32 tim mulai 2025.

Menurut FiFA, format kompetisi tersebut akan mirip dengan Piala Dunia yang saat ini sedang berlangsung di Qatar.

Namun, beberapa klub raksasa Eropa dilaporkan menolak rencana FIFA tersebut.

“Kami beberapa tahun lalu telah menyetujui untuk mempunyai kompetisi Piala Dunia Antarklub yang diikuti oleh 24 tim,” kata Infatino di Doha yang dikutip AFP pada Jumat (16/12).

“Harusnya sudah dimulai pada 2021, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19. Kompetisi baru ini akan dimulai pada tahun 2025 dan akan diikuti 32 klub, ini akan membuat kompetisi ini seperti Piala Dunia.”

Infatino mengatakan bahwa Piala Dunia Antarklub baru akan diadakan setiap empat tahun dan akan semakin meningkatkan pendapatan FIFA.

Saat ini Piala Dunia Antarklub hanya diikuti oleh tujuh tim teratas dari setiap kompetisi kontinental serta juara nasional tuan rumah.

“Edisi pertama akan dimulai pada 2025 di musim panas yang tahun-tahun sebelumnya diisi oleh Piala Konfederasi,” ujar Presiden FIFA tersebut.

“Kompetisi baru akan sedikit lebih panjang karena diikuti 32 tim, tetapi tim-tim yang berpartisipasi adalah tim terbaik di dunia yang akan kami undang.”

Piala Dunia Antarklub 2023 akan dilanjutkan dalam format yang ada, dengan Real Madrid akan mewakili Eropa setelah memenangkan Liga Champions UEFA musim lalu.

Enam klub juara kontinental lainnya yang akan berpartisipasi tahun depan adalah Flamengo dari Brazil, Al Hilal dari Arab Saudi, Wydad Casablanca dari Maroko, Seattle Sounders dari Amerika Serikat dan Auckland City dari Selandia Baru.

(Wisnu)