Manila, Filipina, Aktual.com – Tim nasional Filipina menjanjikan performa gemilang untuk menyulitkan timnas Indonesia saat kedua kesebelasan bersua pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Manila, Senin (2/1).

“Melawan Indonesia menjadi momen bagus bagi kami untuk membuktikan diri. Saya percaya kepada pemain saya dan motivasi mereka,” ujar pelatih timnas Filipina Josep Ferre dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Ahad (1/1).

Juru taktik asal Spanyol tersebut menyadari kualitas timnas Indonesia di atas skuadnya. Namun, Filipina bukanlah kesebelasan yang kalah sebelum bertanding meski mereka sudah dipastikan tidak lolos dari fase grup Piala AFF 2022.

Menurut Josep Ferre, ketika mengenakan seragam timnas, setiap pemain harus memiliki tujuan. Saat bersua Indonesia, tujuannya adalah memberikan kebanggaan kepada masyarakat Filipina, baik yang hadir maupun yang tidak ada di stadion.

“Kami mesti menunjukkan penampilan maksimal kepada semua orang,” tutur pria berusia 39 tahun itu.

Untuk mengantisipasi Indonesia, Josep Ferre mengaku sudah menyiapkan taktik khusus. Salah satunya, tidak membiarkan Indonesia melepaskan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Operan panjang (direct) skuad “Garuda” juga disebutnya perlu diwaspadai.

Sementara Filipina, yang diakuinya berada di bawah Indonesia dari segi performa, akan tampil bertahan dan mencuri celah melalui serangan balik.

“Kami akan berjuang keras sampai akhir demi hasil yang bagus di sini,” tutur Josep.

Satu keuntungan yang dapat dimanfaatkan Filipina, dia melanjutkan, yaitu kondisi lapangan pertandingan Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput buatan.

Adapun soal absennya bek tengah naturalisasi Indonesia Jordi Amat, Josep tidak menganggap itu bekal yang bagus untuk mengimbangi Indonesia.

“Jordi itu pemain berpengalaman dan bisa diandalkan, tetapi dia bisa digantikan siapa saja dengan level serupa. Akan tetapi, untuk lapangan, rumput artifisial ini akan sangat untuk Indonesia karena pantulan dan kecepatan bola menjadi tidak sama. Kami akan mengambil keuntungan dari situ,” ujar dia.

Pertandingan pamungkas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar pada pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Partai tersebut penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya. Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

(Andy Abdul Hamid)