Jakarta, Aktual.com – Tim nasional Finlandia dipastikan harus angkat koper dari Euro 2020 setelah terdepak dari persaingan peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup turnamen.

Finlandia di laga terakhirnya menelan kekalahan 0-2 kontra Belgia pada Selasa (22/6) dini hari dan tim debutan turnamen itu finis di posisi ketiga Grup B dengan raihan tiga poin serta selisih gol defisit dua.

Sayangnya harapan mereka hanya bertahan kurang dari 24 jam, sebab kemudian di putaran terakhir Grup D Inggris mengalahkan Republik Ceko 1-0 dan Kroasia menang 3-1 atas Skotlandia.

Hasil itu membuat Ceko berakhir menempati peringkat ketiga Grup D dengan raihan empat poin dan Finlandia terdepak dari jajaran empat tim peringkat ketiga terbaik, demikian catatan laman resmi UEFA.

Ceko yang punya empat poin dan selisih gol surplus satu kini jadi tim teratas di klasemen tim peringkat ketiga, di atas Swiss yang finis di urutan ketiga Grup A tapi sudah lebih dulu lolos karena hasil pertandingan Grup B dan C.

Ukraina, yang finis di urutan ketiga Grup C dengan raihan tiga poin serta selisih gol defisit satu (4-5) terancam mengikuti jejak Finlandia bila mana di Grup E dan F tim peringkat ketiganya punya raihan lebih baik. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)