Jakarta, Aktual.com – Fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) di DPR RI memastikan akan mengawal vaksin halal agar digunakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Kemarin kami menerima masukan, hasil kajian dari teman-teman Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI). Saya sendiri yang mendampingi dan pada intinya berharap supaya vaksin halal ini digunakan pemerintah,” kata anggota Fraksi PKB DPR RI, Marwan Dasopang kepada wartawan, Jumat (28/1). 

Marwan mengungkapkan, pihaknya memberi perhatian mengenai penggunaan vaksin halal. Karena itu pula, fraksinya menyambut baik kedatangan YKMI yang menyerahkan hasil kajian mengenai penggunaan vaksin halal yang semestinya sudah menjadi kebijakan pemerintah. 

Saat ini sudah tidak dalam kondisi darurat sebagaimana awal-awal pandemi Covid-19. Ketika kondisinya sudah tidak darurat lagi, semestinya harapan masyarakat dan umat Islam pada khususnya diakomodir oleh pemerintah. 

“Kami memberikan perhatian antara prinsip keagamaan dan keselamatan. Kalau dalam keadaan darurat, halal-haram itu memang tidak bisa dikotak-kotakkan, tetapi dalam situasi yang lapang tentu pemerintah harus segera mempersiapkan kenyamanan dengan menggunakan vaksin halal,” jelas Marwan Dasopang.

Selain itu, Fraksi PKB meminta agar pemerintah mencari jalan keluar atau solusi terbaik dari munculnya penolakan sebagian masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Salah satunya turut membantu dengan memberikan pokok-pokok pikiran dan temuan di lapangan mengenai pentingnya penggunaan vaksin halal. 

“Pandemi ini sudah panjang, dan sudah ada ketersediaan vaksin yang dijamin kehalalannya. MUI juga sudah mengatakan soal vaksin halal ini supaya ada rasa aman di masyarakat,” tutupnya.

(Diva Ladieta) 

(Aktual Academy)