Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong

Jakarta, Aktual.com – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta maaf kepada masyarakat, khususnya suporter skuad “Garuda”, seusai gagal membawa anak-anak asuhnya lolos ke final Piala AFF 2022.

“Ketika kalah, tidak ada kata lain selain maaf. Kami mengecewakan suporter yang ada di Indonesia,” ujar Shin seusai timnya kalah 0-2 dari Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, ketidakberhasilan tersebut menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah.

Skuad “Garuda” harus terus berupaya keras demi meraih prestasi demi prestasi.

“Saya, dan kami, harus terus bekerja untuk mengembangkan sepak bola Indonesia,” kata Shin.

Sementara terkait perbedaan kualitas timnya dengan Vietnam sehingga mereka kalah dua gol tanpa balas, Shin Tae-yong enggan melakukan penilaian instan.

“Saya harus menganalisisnya karena belum yakin,” tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Tim nasional Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2022 seusai ditaklukkan tuan rumah Vietnam dengan skor 0-2, yang mana seluruh gol diborong penyerang Nguyen Tien Linh, pada laga leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin.

Indonesia pun tidak bisa memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022.

Adapun Vietnam akan menghadapi laga final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar pada Selasa (10/1) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1 kepada tuan rumah.

 

(Andy Abdul Hamid)