Seorang pawang melakukan perawatan rutin gajah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Lampung, Sabtu (14/5). Penghuni TNWK akan bertambah setelah dua gajah di TNWK positif hamil dan kelahirannya diperkirakan satu hingga dua bulan mendatang. ANTARA FOTO/Tommy Saputra/aww/16.

Lampung Timur, Aktual.com – Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur, mengirimkan dua ekor gajah jinak dalam rangka menyambut dan memeriahkan Kirab Obor Asian Games 2018 setibanya di Lampung pada 8 Agustus 2018.

Kepala Balai TNWK Subakir, mengatakan persetujuan pengiriman dua ekor gajah jinak oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu sesuai surat Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung nomor 800/9/V-17.04/2018 tertanggal 25 Juli tentang Peminjaman Gajah Untuk Kegiatan Menyambut Kirab Obor Asian Games 2018 atau Torch Relay Kirap Api Obor Asian Games XVIII.

“Sudah disetujui oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dikirim dua ekor gajah jinak,” katanya di Lampung Timur, Senin (30/7).

Namun kata Subakir, belum diputuskan gajah jinak mana yang akan dikirimkan.

“Saya belum tahu gajah yang mana, dokternya yang menentukan nantinya,” ujar Subakir.

Sedangkan, dokter hewan di Rumah Sakit Gajah TNWK, drh Diah Esti Anggraini, saat dihubungi untuk mengetahui kriteria gajah jinak yang akan dipilih, nomor teleponnya sedang tidak aktif.

Rombongan Kirab Obor Api Asian Games 2018 saat ini melintasi sejumlah daerah, dan dijadwalkan tiba di Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung pada 8 Agustus 2018.

Asian Games 2018 diadakan di Jakarta dan Palembang akan digelar pada 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, bakal diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 463 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.

 

Ant.

()