Jakarta, Aktual.com — Atlet ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil menembus putaran final turnamen Thailand Masters 2016 setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan pada laga semifinal.

“Kami tahu kualitas permainan lawan bagus sehingga kami tidak terkejut harus main dalam tiga game. Mereka adalah pasangan juara dunia,” kata Ahsan selepas pertandingan di Bangkok, Thailand, demikian dilansir Tim Humas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam siaran pers-nya, Jumat (12/02) malam.

Pasangan andalan Indonesia itu mengalahkan ganda Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dalam pertandingan semifinal selama 46 menit dengan skor 21-15, 13-21, 21-18.

Pada game pertama, Ahsan banyak menghasilkan poin dengan pukulan-pukulan di depan net. Ko/Shin semakin tertinggal setelah ganda Juara Dunia 2015 itu meraih 18-10 pada game pertama. Game pertama direbut Hendra/Ahsan.

Ko/Shin mengubah pola permainan dengan tempo cepat pada game kedua. Mereka juga mengarahkan pukulan-pukuklan keras. Hendra/Ahsan yang justru banyak melakukan kesalahan sendiri semakin terpuruk pada game kedua. Ko/Shin berhasil menyeimbangkan kedudukan dengan meraih game kedua.

“Mereka memang mengubah permainan pada game kedua disamping bermain lebih aman. Tempo mereka juga semakin cepat,” kata Ahsan.

Pasangan Indonesia kembali dengan pola permainan mereka pada game ketiga yang merupakan game penentuan. Meskipun sempat tertinggal 4-6, 5-7. Hendra/Ahsan menampilkan dominasinya dengan membalik keadaan 11-7, 13-8, 17-12, hingga 21-18.

“Serangan Ko/Shin bagus, tapi kami harus menyerang lebih dahulu. Tidak banyak reli-reli panjang dalam pertandingan tadi. Kami tidak ingin memberi peluang bagi lawan untuk menyerang. Kami menerapkan strategi agar dapat kesempatan menyerang lebih dahulu,” kata Hendra.

Pada putaran final yang akan berlangsung Sabtu (13/2), Hendra/Ahsan akan kembali bertemu dengan wakil lain Negeri Ginseng, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang. Pasangan Korea itu melaju ke final setelah menaklukkan ganda Tiongkok Zheng Shiwei/Huang Kaixiang 21-19, 21-15.

()