Semarang, Aktual.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan command center yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Jateng. Berdirinya informasi kesehatan itu, diharapkan bisa memberikan pelayanan pada masyarakat terkait berbagai hal mengenai kesehatan.

“Selain itu, saya juga berharap tempat ini menjadi pusat data terkait kesehatan di Jawa Tengah. Kalau data bisa dikumpulkan, diperbaiki dan valid, maka bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan,” kata Ganjar dalam keterangannya, Sabtu (1/1).

Banyak hal positif yang bisa diberikan dari command center Dinkes Jateng ini. Sebab, kata Ganjar, data-data yang dikumpulkan bisa dianalisis, sehingga program yang ditetapkan menjadi tepat sasaran.

“Upama program stunting tadi, kalau datanya presisi ada berapa, siapa mereka, ada di mana, kan bisa langsung diintervensi dengan bagus. Termasuk soal lain misal penanganan pandemi Covid-19, vaksinasi, dan lainnya,” kata dia.

Ganjar Pranowo diketahui konsistan memberi perhatian terhadap kesehatan masyarakat Jawa Tengah. Misalnya, Ganjar membuat berbagai program untuk mencegah berbagai penyakit di Jateng.

Untuk menekan angka kematian ibu dan anak misalnya, Ganjar membuat program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng yang juga untuk memastikan kebutuhan gizi mereka. Dengan menggandeng BKKBN, program-program itu diharapkan semakin optimal.

“Kalau roadmap-nya sudah bagus, maka kita berani mengatakan akan berhasil berapa persen. Sehingga secara sistematis, kita bisa melaksanakan program dengan baik,” ucapnya.

(Wisnu)