Ilustrasi-Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)

Kendari, Aktual.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tapak Kuda di Jalan  ZA Sugianto Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sempat terbakar akibatnya arus pendek listrik di salah satu mesin dispensernya.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman melalui pesan singkat di Kendari, Sabtu mengatakan insiden itu terjadi sore tadi sekitar pukul 17.10 Wita, namun petugas SPBU dengan cepat mengatasi kobaran api dengan alat pemadam kebakaran.

“Situasi SPBU saat ini dalam keadaan aman dan terkendali. Saat ini SPBU Tapak Kuda menutup sementara penjualan BBM sampai selesai dilakukan pengecekan terhadap mesin dispenser oleh pihak Depot Pertamina dan teknisi,” katanya.

Dia menyampaikan, pihaknya telah meminta keterangan beberapa orang saksi mata salah satunya bernama Andriani Ruslan (39) yang merupakan petugas Nosel Pulau 1 SPBU Tapak Kuda Kendari.

“Saksi menerangkan bahwa terjadi arus pendek listrik atau korsleting sekitar pukul 17.10 Wita di Pulau 1 SPBU Tapak Kuda Pengisian BBM jenis pertalite yang di mana terjadi pada saat pengisian BBM jenis pertalite,” kata Eka.

Kapolresta menjelaskan, saksi saat itu bertugas di mesin dispenser pulau 1 SPBU. Saksi melihat ada percikan api di mesin dispenser Pulau 1 lalu menekan tombol emergency di mesin dispenser dan mengambil 1 buah alat pemadam kebakaran (APKAR) lalu menyemprotkan ke mesin dispenser.

“Situasi SPBU saat ini dalam keadaan aman dan terkendali. Untuk korban jiwa dan kerugian materil nihil,” ujar dia.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Pertamina setempat terkait insiden tersebut.

(Antara)

(Nurman Abdul Rahman)