Jakarta, Aktual.co — Polda Metro Jaya, Rabu (26/11) menggelar Operasi Zebra 2014. Dalam operasi tersebut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro menyiapkan 225.000 surat tilang yang dilakukan serentak seluruh Indonesia hingga 14 hari ke depan.
“Kami telah menyiapkan sekitar 225 ribu lebih surat tilang yang digunakan dalam operasi ini,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono di Jakarta.
Dia menyebut, ratusan ribu surat tilang itu telah disebar ke semua petugas lalu lintas Polda Metro dan jajaran lalu lintas Polres Metro di Jakarta.
Surat tilang tersebut, lanjut dia diperuntukan saat razia dan melakukan penilangan terhadap para pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.
“Surat tilang sudah kami bagikan dan apabila nanti kurang dalam pelaksanaannya maka akan kami drop ke petugas di lapangan.”
Hindarsono juga mengatakan, sasaran operasi ini untuk menindak para pengemudi yang sering melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm, tidak berhenti di belakang garis stop serta pelanggaran lalu lintas lainnya.
“Razia yang kami lakukan ini tidak hanya untuk kendaraan pribadi juga untuk kendaraan umum yang kedapatan sering ngetem atau menurunkan serta mengambil penumpang tidak pada tempatnya.”
Lebih lanjut dia, dalam razia tersebut polisi melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan-kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK dan SIM serta perlengkapan lainnya seperti helm, spion dan lainnya.
Dia mengingatkan kepada para sopir agar selalu menggunakan sabuk pengaman dan untuk pengemudi sepeda motor agar menyalakan lampu utamanya pada siang hari.
“Tindakkan tegas akan kami berikan dalam operasi ini, dan penerapannyapun tidak tebang pilih, siapa yang melanggar maka langsung kami tilang,” katanya. 

()

(Wisnu)