Jakarta, Aktual.com – Di tengah tren internet yang terus menjadi gaya hidup masyarakat, maka momen seperti itu harus bisa menjadi peluang bagi banyak perusahaan untuk bisa menggenjot kinerja.

Apalagi jika perusahaan pabdai mengelola kalangan netizen atau warganet di dunia maya itu, maka akan bisa ikut memperkenalkan produk-produk perusahaan tersebut.

Menurut pendiri Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, gaya hidup masyarakat dunia saat ini mulai mengalami perubahan sejak adanya internet. Apalagi kemudian, peningkatan pengguna internet terus bertambah termasuk di Indonesia yang kini menduduki peringkat ke-6 sebagai salah satu negara dengan pengguna internet tertinggi.

“Internet ini telah menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, dan biaya yang lebih murah dibandingkan sistem konvensional dalam berbagai hal. Makanya saat ini digunakan untuk kepentingan bisnis,” ujar Fadel di acara penghargaan Netizen Brand Choice Award 2018, di Jakarta, Jumat (23/2) malam.

Dia menambahkan, sebutan netizen atau warganet ini menggambarkan besarnya masyarakat yang aktif dalam menggunakan internet, terutama untuk mengakses media sosial. Sebagian besar warganet Indonesia yang merupakan generasi milenial ini saat ini menggunakan media sosial dalam kesehariaanya.

Ditambah lagi, kata anggota DPR asal Fraksi Partai Golkar ini, adanya telepon pintar (smartphone) semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses internet terutama media sosial itu.

“Dengan demikian, warganet bukan hanya sebuah tren baru dalam dunia sosial, tetapi menjadi bagian dalam sebuah masyarakat dan berpeluang dalam membantu memperkenalkan dan memasarkan merek-merek produk melalui sistem daring, terutama di media sosial itu,” ujarnya.

Warganet, imbau dia, dapat berinteraksi dan menginformasikan secara langsung kepada warganet lain mengenai suatu merek produk.

Untuk itu, media Warta Ekonomi pun menggagas suatu kegiatan bertajuk Netizen Brand Choice Award 2018. Ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang mampu membuat merek produknya menjadi merek pilihan warganet berdasarkan gaya hidup mereka.

Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi, Rosarita Niken Widiatuti menambahkan, saat ini perilaku perusahaan di dalam pengelolaan bisnisnya harus berubah signifikan dengan dituntut bisa memanfaatkan IT.

“Karena dengan adanya pengguna internet yang mencapai 140 juta telah menjadi keuntungan besar bagi banyak sektor industri. Jika mereka tak bisa memanfaatkan itu, maka tidak akan bisa survive,” dia menjelaskan.

Ajang penghargaan ini terbagi dalam beberapa 32 kategori yang dimenangkan oleh banyak perusahaan di berbagai sektor.

Antara lain, kategori Top 5 Netizen Choice in Mineral Water Product, Top 5 Netizen Choice in Batik Product, Top 5 Netizen  Choice in Biscuit Product, Top 5 Netizen Choice in Muslim Fashion Brand, dan lainnya.

Pewarta : Busthomi

(Bawaan Situs)