Monza, Aktual.com – Grand Prix Jerman di Hockenheim akan kembali masuk kalender musim depan, setelah sebuah kesepakatan baru dicapai, demikian diumumkan pada Jumat (31/8), dengan pemberitahuan sebuah draf jadwal 21 balapan.

Mercedes-Benz akan menjadi sponsor titel sebuah balapan yang pernah keluar dari kontrak setelah tahun ini dan sempat dalam kondisi bahaya karena alasan finansial.

Musim ini kalender akan memiliki jadwal balapan yang sama, pembukaan di Australia pada 17 Maret dan diakhiri di Abu Dhabi pada 1 Desember.

Sementara itu sirkuit Suzuka di Jepang juga menyetujui kontrak perpanjangan tiga tahun, dan pemilik Honda mendapat sponsorship titel balapan tahun ini.

Ketua Formula Satu Chase Carey mengatakan kesepakatan dengan Hockenheim itu telah tercapai berkat bantuan Mercedes, klub otomotif Jerman ADAC dan AvD serta kementrian tranportasi dan infrastruktur digital negara tersebut.

“Ini menunjukkan bagaimana seluruh pemegang saham dalam Formula Satu sedang bekerja bersama untuk memastikan masa depan yang panjang dari olahraga ini dan juga pendukung,” katanya dikutip dari Reuters, Jumat.

Tidak ada kata tentang masa depan balapan melampaui 2019 dan boss Mercedes Toto Wolff mengatakan ini penting bagi pabrikan, tim mana yang telah menjadi juara pada empat tahun yang telah lewat.

“Grand Prix tahun ini di Hockenheim adalah sebuah pertunjukkan antusias bahwa generasi Formula Satu berada di Jerman,” katanya.

“Ini penting bagi kita untuk melakukan segalanya lewat kekuatan kami untuk memastikan bahwa tuan rumah balapan kami akan kembali berlangsung tahun depan, bersama dengan Formula Satu dan seluruh pemegang saham yang relevan, kami telah menemukan sebuah jalan untuk mewujudkan itu,” tambahnya.

Perubahan di kalender 2019 tampak Meksiko akan mendahului Grand Pric AS di Texas dan Rusia berpasangan dengan Singapuran daripada Jepang.

Berikut kalender ajang Grand Prix 2019:
17 Maret – Australia (Melbourne), 31 Maret – Bahrain (Sakhir), 14 April – China (Shanghai), 28 April – Azerbaijan (Baku), 12 Mei – Spanyol (Barcelona), May 26 – Monaco, 9 Juni – Kanada (Montreal), 23 Juni – Prancis (Le Castellet), 30 Juni – Austria (Spielberg), 14 Juli – Inggris (Silverstone), 28 Juli – Jerman (Hockenheim), 4 Agustus – Hungaria (Budapest), 1 Spetember – Belgia (Spa), 8 September – Italia (Monza), 22 September – Singapura, 29 September – Rusia (Sochi), 13 Oktober – Jepang (Suzuka), 27 Oktober – Meksiko (Mexico City), 3 November – AS (Austin), 17 November – Brazil (Sao Paulo), 1 Desember – Abu Dhabi (Yas Marina)

 

Ant.

()