bom turkey, reuter
bom turkey, reuter

Jakarta, Aktual.com – Diketahui setidaknya 35 orang dinyatakan tewas dan 40 orang lainya terluka akibat serangan membabi-buta yang dilakukan oleh beberapa orang bersenjata di sebuah klub malam Reina, Istanbul, Turki.

Gubernur Istanbul, Vasip Sahin memaparkan kronologisnya bahwa sebelum penyerang tersebut masuk ke klub malam, pelaku terlebih dahulu menembak seorang polisi dan warga sipil.

“Teroris dengan senjata jarak jauh, melakukan serangan brutal dan kejam dengan menembakkan pelurunya kepada orang-orang yang tidak bersalah yang berada di sana hanya untuk merayakan Tahun Baru dan bersenang-senang,” kata Sahin dilansir dari Reuters, Minggu (1/1).

Goncangan serangan ini seakan mengingatkan kerusuhan saat upaya kudeta di negara itu pada bulan Juli, serta serangkaian pemboman mematikan yang diklaim oleh gerilyawan Kurdi beberapa waktu silam.

Untuk diketahui, klub malam Reina merupakan salah satu dari tempat ikonik di Istanbul. Klub ini digemari oleh penduduk setempat dan turis asing. Posisinya yang menghadap Selat Bosphorus hingga menyajikan pemandangan pemisahan benua Asia dan Eropa.

Saat kejadian serangan, diperkirakan ada sekitar 500 hingga 600 orang sedang dalam klub tersebut. Beberapa orang melompat ke perairan Bosphorus untuk menyelamatkan diri dari serangan tersebut.

(Laporan: Dadangsah)

(Ismed Eka Kusuma)