Jakarta, Aktual.com — Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam mengajak seluruh petani di daerah itu untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian guna mencapai target swasembada pangan.

“Peningkatan kualitas produk juga berkaitan dengan pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) agar hasil produk bisa bersaing,” kata Nur Alam, kepada pewarta, di Kendari, Sabtu (9/1).

Menurut dia, produk tidak berkualitas maka akan susah untuk dipasarkan karena akan bersaing dengan produk dari luar negeri.

“Kalau kondisi itu dibiarkan maka yang rugi adalah petani itu sendiri,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai program nasional swasembada pangan, ia mengimbau kepada petani untuk fokus pada komoditi padi, jagung, kedelai dan sapi.

“Ini gerakan ini tidak bisa dilakukan sepihak, tetapi melibatkan semua pihak termasuk para pendamping program peningkatan produksi termasuk peran para penyuluh,” katanya.

Gubernur mengapresiasi, karena saat ini pihak TNI mengambil peran dalam peningkatan produksi pertanian sehingga membantu pemerintah dalam mencapai swasembada pangan.

“Pemerintah pusat telah memberikan perhatian besar terhadap daerah melalui pengelontoran dana yang besar diharapkan daerah bisa fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk,” katanya.

(Ant)

()