Bandara Halim Perdanakusuma (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Pengelola Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta mengatakan bahwa ada lonjakan jumlah penumpang cukup signifikan pada H-3 Lebaran 2019.

“Peningkatan volume penumpang hari ini cukup signifikan dibandingkan beberapa hari lalu atau pada H-5,” kata Officer in Charge Bandara Halim, Erick Arrachman, saat ditemui Antara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/6).

Dia menyebutkan bahwa jumlah pemudik di bandara tersebut pada hari ini mencapai 18.141 penumpang, meningkat sekitar 40 persen jika dibandingkan dengan 13.554 penumpang pada beberapa hari lalu atau pada H-5 menjelang Lebaran.

Pria berusia 47 tahun itu memperkirakan kenaikan tersebut disebabkan oleh semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1440 HIJRIAH, yang dijadwalkan jatuh pada 5 Juni 2019.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang tersebut, Bandara Halim Perdanakusuma menyiapkan sembilan armada tambahan di antaranya dari Maskapai Citilink dan Susi Air dengan rute penerbangan menuju Tanjung Karang, Medan, Cilacap dan Nusawiru.

(Abdul Hamid)