Jakarta, Aktual.co — Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 Fakultas Magister Manajemen Jurusan Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Islam Jakarta (UIJ) menyelenggarakan seminar sehari dengan tema “Peran Magister Manajemen Membangun SDM Berkualifikasi Keunggulan Global dan ASEAN”.

“Isu terpenting menyongsong MEA antara lain kesiapan SDM di Indonesia untuk menghadapi persaingan dengan ASEAN, baik di dalam negeri maupun di pasar ASEAN, serta kebijakan pemerintah dalam mempersiapkan Indonesia menyambut MEA 2015,” ujar perwakilan Badan Perlindungan Jaminan Kesehatan (BPJS) Abuzar Asra di Jakarta, Sabtu (8/11).

Dengan adanya MEA, masyarakat Indonesia tidak perlu takut dalam persaingan konomi antar negara asean karena pada hakikatnya SDM di Indonesia dapat menunjukkan eksistensi di tengah ketatnya persaingan antar negara ASEAN,

“Namun dalam memujudkan semua itu perlu beberapa hal dalam mendukung yaitu dengan memfasilitasi akses terhadap informasi, pasar, sumber daya manusia dan keahlian, keuangan dan teknologi,” tambahnya.

Ka Prodi Magister Manajemen, Endang Mubarok mengatakan perlunya meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pendidikan khususnya PTS dalam menyambut MEA 2015 dan mengidentifikasi tantangan dan peluang bagi PTS di Indonesia sehingga dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Dalam seminar tersebut hadir pula perwakilan Badan Perlindungan Jaminan Kesehatan (BPJS), Hidayatullah Putra, Heru Margono dan Ka Prodi Magister Manajemen Dr. Endang Saefuddin Mubarok, SE. MM yang notabene merupakan internal jajaran UIJ.  Seminar tersebut dihadiri sekitar 200 peserta dari Alumni dan Mahasiswa MM UIJ.

()

(Eka)