Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mengharapkan harga gas juga turun seiring dengan turunnya harga minyak dunia.

“Otomatis harga minyak turun, harga gas juga turun sebab harga gas itu fungsi dari harga minyak. Minyak dan gas tidak bisa dipisahkan, baik dari operasi pencarian di perut bumi,” kata dia di Jakarta, Selasa (15/12).

Ia mengatakan pengeboran minyak dan gas memerlukan biaya yang sama dan keduanya dapat saling menggantikan sehingga harganya sangat berhubungan.

“Kalau harga minyak turun, harga gas mesti turun, harga batubara juga turun. Dan itu fakta di lapangan,” ujar Kurtubi.

Ia memperkirakan harga minyak dalam satu hingga dua tahun ke depan masih rendah sehingga ia berharap harga gas juga dapat diturunkan seiring dengan harga minyak.

Sedangkan untuk harga BBM, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja mengatakan harga BBM akan turun terhitung mulai Januari 2016 dan akan diumumkan pada minggu terakhir Desember 2015.

Ia enggan menyebutkan angka penurunan harga BBM, tetapi ia mengatakan setelah adanya perhitungan, harga BBM bisa turun, karena dampak penurunan harga minyak dunia.

“Untuk berapanya, nanti biar Bapak Menteri yang sampaikan, yang jelas angka sudah sesuai perhitungan dan ada parameternya,” kata dia.

()

(Arbie Marwan)