Wakil Menteri ESDM Archandra Thahar memberikan presentasi saat seminar ekonomi outlook 2017 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (15/12/2016). Partai Golkar akan terus mengingatkan pemerintah untuk mempertahankan ekonomi berkeadilan untuk rakyat. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menilai, terdapat banyak faktor yang memengaruhi penurunan harga minyak dunia saat ini.

“Masalah harga minyak tidak hanya dilihat dari supply and demand,” kata Wamen Arcandra kepada para awak media di Jakarta, Jumat (18/1).

Dia menjelaskan bahwa terdapat banyak faktor yang memengaruhi harga minyak, termasuk masalah geopolitik dan situasi beberapa negara.

Harga minyak turun lagi pada akhir perdagangan, Kamis (Jumat pagi WIB), memperpanjang pelemahan baru-baru ini di tengah kekhawatiran melonjaknya produksi minyak AS dan permintaan global yang menurun, terutama mengingat sengketa perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, turun 0,24 dolar AS menjadi 52,07 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret, turun 0,14 dolar AS ditutup pada 61,18 dolar per barel di London ICE Futures Exchange.

(Abdul Hamid)