Jamie Vardy Timnas Inggris (Istimewa)
Jamie Vardy Timnas Inggris (Istimewa)

Jakarta, Aktual.com — Dua penyerang Inggris Harry Kane dan Jamie Vardy mencetak gol saat Tim Tiga Singa menang 2-1 atas sesama kontestan Piala Eropa 2016 Turki pada Minggu (22/5), ketika tim tuan rumah melakukan pemanasan dengan penampilan yang menyoroti potensi serangan mereka dan batasan-batasan di sektor pertahanan.

Kane membawa Inggris memimpin pada menit kedua ketika ia memaksimalkan operan dari rekan seklubnya di Tottenham Hotspur Dele Alli, untuk mencetak golnya yang ke-32 di musim ini. Meski Kane gagal memasukkan penalti pada kesempatan lain, Vardy berada di posisi yang tepat untuk mengukir gol penentu kemenangan pada menit ke-83.

Sepuluh menit setelah gol pembukaan Kane, Turki menyamakan kedudukan melalui Hakan Calhanoglu setelah Vakan Sen melewati bek Danny Rose dan, ketika kiper Joe Hart melesat keluar, melepaskan sepakan menyilang untuk tim tamu yang merupakan gol perdana mereka ke gawang Inggris dalam 11 pertemuan.

Pelatih Inggris Roy Hodgson merasa senang dengan sebagian penampilan timnya, berkata, “Ada beberapa aspek positif. Untuk sebagian wilayah pertandingan kami bermain baik. Namun masih ada pekerjaan yang harus dilakukan.”

“Untuk tiga pekan mendatang akan vital bagi kami untuk memastikan kami membuat kehidupan menjadi lebih mudah untuk pertahanan kami.”

Dengan Inggris yang kesulitan untuk memaksimalkan start positif mereka di markas Manchester City, Stadion Etihad, Hodgson mengubah formasinya pada babak kedua dengan menduetkan penyerang Leicester City Vardy, yang memulai pertandingan dengan posisi yang melebar di kiri, dengan Kane di depan.

Langkah itu menuai hasil dan Vardy segera mendapat hadiah penalti ketika ia dilanggar bek Mehmet Topal, namun Kane menyia-nyiakan kesempatan itu dengan melepaskan eksekusinya ke sisi luar tiang gawang.

Vardy terus merasa cocok dengan posisinya barunya, dan membukukan gol penentu kemenangan — gol ketiganya dalam tiga pertandingan untuk Inggris — dari jarak dekat setelah tandukan Gary Cahill dapat ditepis kiper pelapos Ismail Koybasi.

Gelandang Inggris yang berasal dari Arsenal Jack Wilshere kembali masuk timnas setelah menjalani musim penuh gangguan cedera, berkata, “Kami harus mampu mempertahankan kemenangan-kemenangan pada turnamen. Kami tampil baik hari ini. Saya merasa sehat, 100 persen. Saya telah berlatih selama tujuh atau delapan pekan sekarang. Saya tidak sabar untuk berkembang dengan setiap pertandingan.”

Penyerang Manchester United Marcus Rashford akan bergabung dengan tim Inggris pada Senin (23/5), meski ia mengalami cedera lutut saat timnya menang atas Crystal Palace pada Sabtu (21/5).

Inggris akan bermain melawan Australia di Sunderland pada Jumat, pertandingan yang akan dilewatkan Vardy karena ia akan menikah pada Rabu.

Hodgson telah mengumumkan tim sementara berisi 26 pemain untuk Piala Eropa, di mana ia harus memangkasnya menjadi 23 pemain pada 31 Juni menjelang putaran final yang berlangsung selama sebulan di Prancis, yang dimulai pada 10 Juni.

Inggris berada satu grup bersama Rusia, Slovakia, dan Wales, sedangkan Turki akan berhadapan dengan juara bertahan Spanyol, Kroasia, dan Republik Ceko.

(Antara)

(Arbie Marwan)