Sukabumi, Aktual.com – Akibat hujan lebat disertai angin kencang pada Selasa (22/6), ruas jalan Cibareno Bayah Kabupaten Lebak, Banten yang menghubungkan ke Sukabumi, Jawa Barat terjadi longsor.

“Kejadian longsor itu mengakibatkan kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintasi jalan yang menghubungkan antarprovinsi,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak Pebby Rizky Pratama, Rabu (23/6).

BPBD Lebak menyampaikan peringatan bagi pengemudi kendaraan yang melintasi wilayah perbukitan di Kabupaten Lebak waspada longsoran tanah. Pasalnya, selama beberapa hari terakhir ini dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

Peristiwa bencana longsor ruas jalan Cibareno – Sukabumi juga rumah Panji ( 65 ) Bayah Barat, Selasa (22/6) terendam banjir akibat luapan air selokan.

Selain itu juga empat tiang listrik roboh, sehingga jaringan penerangan listrik padam. Beruntung, kata dia, bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami minta warga tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu,” katanya.

BPBD Lebak, kata dia, berkoordinasi dengan Polsek, Koramil Bayah dan instansi terkait untuk melakukan upaya perbaikan. Saat ini, kata dia, ruas jalan Cibareno-Sukabumi bisa kembali dilintasi kendaraan.

Namun, pihaknya meminta pengemudi kendaraan tetap waspada karena potensi longsor susulan berpeluang jika hujan lebat, sebab daerah itu banyak perbukitan dan tebing curam.

“Kami berharap warga siap siaga menghadapi cuaca buruk guna mengurangi risiko kebencanaan,” ujarnya.

(Nusantara Network)