Jakarta, Aktual.com — Bir merupakan minuman yang sangat digemari oleh kalangan anak muda masa kini. Bir adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati tanpa melalui proses penyulingan setelah fermentasi.

Kenikmatan mereka yang mengonsumsi minuman bir ini sering kali melupakan efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi bir secara berlebihan. Laman Boldsky menjelaskan, bagaimana cara bir mempengaruhi ginjal Anda.

Bir membuat ginjal Anda tak mampu bekerja
Salah satu peran yang paling penting dari ginjal yakni sebagai penyaring darah. Alkohol menjadi salah satu zat berbahaya. Karena ketika Anda mengonsumsi bir, alkohol hadir di dalamnya serta dapat membuat ginjal tidak dapat menyaring darah Anda.

Mempengaruhi fungsi ginjal
Selain sebagai penyaring darah, ginjal juga melakukan tugas-tugas penting lainnya. Seperti, ginjal juga menjaga jumlah kadar air dalam tubuh. Kehadiran alkohol akibat konsumsi bir, bisa mempengaruhi fungsi dari ginjal. Akibatnya, ketika alkohol mulai membuat tubuh Anda dehidrasi, efek tersebut menganggu kesehatan ginjal Anda.

Bir dapat membuat tekanan darah tinggi
Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat memiliki efek pada tekanan darah Anda. Orang-orang yang senang minuman keras, lebih rentan terhadap masalah tekanan darah tinggi. Selain itu, jika Anda sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka obat Anda juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi bir.

Untuk diketahui, penyebab penyakit ginjal yaitu tekanan darah tinggi. Ini menjadi salah satu efek bir di ginjal. Hindari mengonsumsi lebih dari dua minuman dalam sehari, karena bisa meningkatkan risiko Anda tertular tekanan darah tinggi

Bir bisa menyebabkan penyakit hati
Sebuah penyakit hati akibat konsumsi alkohol yang berlebihan dapat melemahkan fungsi ginjal Anda untuk menyeimbangkan laju aliran darah Anda. Akibatnya, ginjal tidak dapat menyaring darah Anda secara benar. Dan, ini menyebabkan disfungsi ginjal.

Dapat menyebabkan ginjal cedera
Jika Anda menikmati bir (lebih dari 4-5 minuman selama 2 jam), dapat meningkatkan kadar alkohol dalam darah Anda pada ketinggian level berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan cedera ginjal akut dan Anda perlu dianalisis sampai berfungsi secara normal.

Cedera ginjal yang parah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan diri. Namun, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

()