Jakarta, Aktual.com — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar mencatat dari H-7 sampai dengan Lebaran hari Kedua telah menyeberangkan pemudik dari pulau Bali ke Pulau Lombok sebanyak 43.805 penumpang, 10.994 kendaraan roda dua dan 3.951 kendaraaan roda empat.

Pada H+2 kemarin pemudik yang telah diseberangkan kembali dari Pulau Lombok ke Pulau Bali sebesar 18% untuk penumpang, 11% untuk kendaraan roda dua dan 21% untuk kendaraan roda empat.

Sementara pada H+3 tidak terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada produksi arus balik di Pelabuhan Lembar. Hanya terdapat kenaikan jumlah penumpang sebesar 2% dibandingkan hari sebelumnya atau H+2. Sementara untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat (sedan dan sejenisnya) naik sekitar 1%.

“Justru kenaikan yang tidak signifikan ini membuat kami tetap waspada di pekan ini terutama menghadapi prediksi puncak di hari Sabtu dan Minggu. Untuk itu, kami telah menyiagakan petugas dan fasilitas pendukung lainnya,” ujar Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat dalam keterangan tertulis yang diterima Aktual di Jakarta, Rabu (22/7).

Christine menjelaskan, menghadapi puncak arus balik di Lombok, ASDP akan mengoperasikan 12 kapal-kapal berkapasitas besar yang akan dioperasikan dengan sistem percepatan di port time nya.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar, Anton Murdianto menambahkan, dengan dikerahkannya kapal-kapal berkapasitas besar tersebut maka dapat mempercepat proses bongkar muat yang ada.

“Artinya proses bongkar dan pemuatan penumpang dan kendaraan akan lebih cepat,” tambahnya.

(Eka)