Sejumlah pendaki berisitirahat di dalam tenda di Kalimati sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, Minggu (31/7). Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pendaki gunung baik dalam negeri maupun mancanegara. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/16.

Jakarta, Aktual.com – Hobi merupakan bagian integral dari kehidupan remaja. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memainkan peran penting dalam memberikan banyak manfaat kesehatan bagi remaja.

Kehidupan di masa remaja terus berubah dan para remaja perlu untuk tetap aktif karena mereka cenderung mudah bosan. Alih-alih bermain dengan gadget sepanjang waktu, remaja bisa memilih untuk melakukan beberapa kegiatan menarik seperti di bawah ini:.

Mendaki

Pergi hiking bersama dengan teman-teman adalah salah satu hobi terbaik bagi remaja yang suka berada di luar ruangan. Lagi pula, remaja juga bisa menggabungkan hobi hiking mereka dengan fotografi. Berikut beberapa manfaat mendaki gunung yang menjadikannya hobi yang bermanfaat:

  • Hiking adalah bentuk latihan yang bisa dilakukan di mana saja. Para remaja bahkan tidak memerlukan peralatan khusus atau keanggotaan gym untuk mulai mendaki gunung.
  • Hiking menawarkan peningkatan perhatian dan fokus, yang membantu para remaja untuk menjadi lebih fokus dalam hidup mereka. Hobi remaja yang bermanfaat ini juga membuat mereka menjadi kurang reaktif terhadap emosi negatif seperti kemarahan, kecemasan, atau rasa malu.
  • Hiking adalah bentuk olahraga yang aman untuk persendian dan otot dibandingkan dengan bentuk latihan intens lainnya seperti berlari.

Melukis

Salah satu hobi yang bermanfaat untuk remaja adalah belajar menggambar dan melukis dengan berbagai cara karena ada banyak media seni yang berbeda dan berbagai cara untuk menjelajahinya. Meskipun perlengkapan untuk mulai melukis tergolong mahal, tapi ada banyak perlengkapan kelas dasar yang bisa mulai digunakan para pemula. Selain itu, melukis adalah hobi yang ideal karena si anak bisa melakukannya di rumah, kafe, taman dan nyaris di mana saja!

Hobi remaja yang bermanfaat ini juga memiliki beberapa alasan positif untuk dicoba:

  • Jika finansial menjadi masalah, para remaja tetap bisa memulai untuk melukis tanpa peralatan mahal! Mereka dapat membeli cat di toko serta kanvas atau dapat menggunakan apa yang mereka miliki di rumah.
  • Melukis menawarkan kesempatan untuk bertemu orang baru yang memiliki minat yang sama. Entah itu, seniman lokal, atau mungkin tempat yang menjual bahan peralatan seni.
  • Para remaja dapat menikmati aktivitas penuh kreativitas ini sambil bersantai! Melukis adalah salah satu bentuk ekspresi diri yang paling bebas, baik dari sudut pandang abstrak maupun figuratif.
  • Melukis adalah hobi yang ideal untuk dilakukan di rumah jika para remaja cenderung tipikal anak yang cepat bosan! Melukis adalah cara terbaik untuk membuat sesuatu yang dapat digantung di dinding, atau bahkan diberikan sebagai hadiah.

Belajar Bahasa Asing

Sebagai bentuk sebuah hobi yang bermanfaat, belajar bahasa asing tidak selalu harus menjadi pengalaman yang kaku dan formal. Buktinya, ketika bergabung dengan LingoAce, semua peserta didik bisa mendapatkan impresi belajar yang mudah dimengerti dengan pendekatan yang humanis.

LingoAce, sebagai salah satu pionir kursus bahasa Mandarin di Indonesia, menawarkan teknologi belajar terbaru dengan gamifikasi, ilustrasi digital dan juga video animasi. Selain itu, metode belajar yang digunakan juga akan disesuaikan dengan kemampuan dasar anak remaja. 

DIgawangi para guru native speaker dan dibantu oleh para konsultan pendidikan, semua murid di LingoAce akan belajar dalam lingkungan eksklusif. Format belajar dengan maksimal enam peserta didik ini dapat memastikan bahwa tiap peserta didik mendapatkan pengalaman yang imersif dan efisien.

Penasaran dengan metode belajar yang mutakhir dari LingoAce? Klik link daftar kelas free trial sekarang!

(Wisnu)