Pekanbaru, Aktual.com – Terjadi kebakaran kecil ruangan sauna di The Premiere Hotel Pekanbaru Pukul 17.30 WIB, ruangan Sauna Wanita berukuran 3×2 M yang berlokasi di
Lantai 5 (lima), Senin (11/10)

Kebakaran kecil yang terjadi di The Premiere Hotel sempat membuat panik pengunjung yang sedang melaksanakan bimbingan teknis peralatan TIK SMP tahun 2022. Pengunjungpun berhamburan keluar hotel karena sudah merasakan asap yang mulai memedihkan mata.

Emergency Response Team (ERT) dari The Premiere Hotel Pekanbaru saat mengetahui kejadian ini langsung dengan sigap memadamkan titik api dalam kurun waktu kurang dari 30 menit. Tim lain juga berbagi tugas untuk melakukan evakuasi dan komunikasi dengan tamu akan perihal ini.

Adapun tamu yang prioritas dievakuasi adalah tamu event yang berada di The
Premiere Ballroom, Lantai 2 (dua) dan sebagian tamu kamar di lantai 5
(lima).

Masih belum bisa diketahui penyebab musibah kebakaran yang terjadi. Tim hotel langsung segera menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran dan menjelang kedatangan petugas pemadam kebakaran, tim hotel juga berusaha keras memadamkan titik api.

Petugas pemadam kebakaran yang
hadir dalam waktu singkat, setelah dihubungi pihak hotel langsung melakukan inspeksi untuk memastikan keadaan sudah aman dan terkendali.

Pihak hotel berterima kasih atas petugas pemadam kebakaran yang telah bertugas dengan sigap, professional dan terpuji. Pukul 18.25 WIB, suasana sudah kembali kondusif. Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka dalam musibah ini.

Rachmad selaku wakil komandan pleton rescue Pekanbaru mengatakan disaat melakukan pemadaman sempat kesulitan di karenakan akses masuk ke titik kebakaran di lantai 5 ruang sauna agak sempit serta asap tebal kebakaran sudah menyebar. Ia menjelaskan ketika kebakaran api belum sempat menyebar ke ruangan yang lain tetapi kebakaran hanya di Sauna saja.

“Saat melakukan pemadaman kami tim rescue Pekanbaru langsung bergerak cepat memadamkan api di lantai 5 hotel Premiere. Akan tetapi kami agak kesulitan karena akses menuju titik api yang agak sempit tetapi tidak membuat kami menyerah untuk memadamkan api,” ujar Rachmad.

Setelah titik api padam meninggalkan asap tebal di area Lobby dan Lantai 2 (dua) hotel dan pihak hotel telah menyiapkan beberapa alat pengisap asap dibeberapa area untuk menetralisir udara. Saat ini aktivitas dihotel sudah kembali normal dan kondusif. Tamu sudah memulai kegiatan mereka kembali dan bagi tamu yang evakuasi sudah kembali ke kamar masing-masing.

(Ikhwan Nur Rahman)