Ilustrasi - Cuaca mendung berpotensi turun hujan.

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia pada Ahad (6/11).

Di Pulau Sumatera, menurut siaran prakiraan cuaca BMKG, hujan dengan intensitas ringan berpeluang turun di Kota Padang, Medan, dan Jambi, sementara Kota Tanjung Pinang dan Bandar Lampung diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Kota Banda Aceh, Pekanbaru, Pangkalpinang, Bengkulu, dan Palembang diprakirakan mengalami hujan disertai petir.

Beberapa kota besar di Pulau Jawa menghadapi potensi hujan ringan hingga lebat.

Kota Serang, Bandung, dan Surabaya berpeluang mengalami hujan ringan; Kota Jakarta Pusat dan Yogyakarta diprakirakan menghadapi hujan disertai petir, dan Kota Semarang berpeluang menghadapi hujan lebat.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Denpasar dan Mataram.

Selain itu, hujan ringan berpeluang turun di Kota Palangka Raya, Banjarmasin, dan Samarinda di Pulau Kalimantan.

Dua kota besar yang lain di Kalimantan juga berpeluang menghadapi hujan. Kota Pontianak diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas sedang dan Kota Tanjung Selor berpeluang mengalami hujan disertai petir.

Di wilayah Pulau Sulawesi, hujan ringan diprakirakan turun di Kota Kendari, hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kota Gorontalo, hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di Kota Palu dan Makassar, dan hujan lebat diprakirakan mengguyur Kota Mamuju.

Beberapa kota di wilayah Indonesia bagian timur pun menghadapi potensi hujan. Kota Ternate dan Manokwari diprakirakan mengalami hujan ringan dan Kota Ambon berpeluang menghadapi hujan disertai petir.

(Andy Abdul Hamid)