Jakarta, Aktual.com – PT PP (Persero) Tbk memperingati hari ulang tahunnya ke-66 pada tanggal 26 Agustus 2019. Salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia itu pertama kali dilahirkan pada 1953 silam.

Dalam usia yang cukup dewasa ini, PTPP telah bertransformasi menjadi perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, dengan struktur grup perseroan semakin besar dengan banyaknya diversifikasi bisnis dan anak-anak perusahaan.

Mengusung tema ‘Synergy for Excellence’ dalam usia ke-66 tahun kali ini, perseroan menekankan pentingnya pengembangan kompetensi, kreativitas, inovasi dan sinergi antar lini bisnis.

Sebagai salah satu wujud penerapan system dan sumber daya untuk mencapai kinerja unggul, kini perseroan telah meraih predikat ‘Industry Leader’ dengan score 677,5 berdasarkan hasil pengukuran dari Forum Ekselen BUMN atas Surat Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN.

Perolehan nilai ini merupakan pencapaian yang cukup besar dibandingkan tahun lalu dimana perseroan hanya mencapai kategori ‘Emerging Industry Leader’.

“Transformasi ini merupakan proses evaluasi dan perbaikan secara sistematis yang dilaksanakan dengan baik dan konsisten oleh seluruh unit kerja,” ungkap Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat, di Jakarta, Senin (26/8).

Dia menegaskan, dalam mencapai visi dan misi perseroan tidak lepas dari koordinasi dan sinergitas antar tim, terutama di era masifnya digitalisasi saat ini.

Terlebih lagi, Indonesia adalah negara dengan pasar kontruksi terbesar di Asia Tenggara. “Implementasi BIM (Building Information Modelling) yang telah dilakukan perseroan sejak tahun 2015 telah membawa kami menjadi pionir dalam era Industri 4.0 khususnya dalam dunia konstruksi Indonesia,” tegasnya.

Untuk itu, dia melanjutkan, pada tanggal 26-27 November 2019 nanti, perseroan akan mengadakan acara Digital Construction Day 2019 (DCD) untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh pada pelaku industri konstruksi akan pentingnya digitalisasi dan smart construction di era Industri 4.0.

Konferensi selama dua hari ini akan dihadiri lebih dari 100 perusahaan terkemuka di bidang konstruksi, konsultan, developer maupun manufaktur. Acara kali kedua yang diselenggarakan perseroan ini juga akan dihadiri oleh 500 orang, mulai dari Kepala Divisi, R&D Manager, Project Officer, Senior Engineer dan professional terkemuka di perusahaan dalam dunia konstruksi.

Menilik dari DCD 2017 lalu, sharing knowledge perkembangan teknologi digital dunia konstruksi itu menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu.

Hal ini terlihat dari ratusan undangan yang tampak antuasias mengikuti rangkaian acara DCD 2017 yang bertemakan “Build Before Construction” tersebut, yang diisi oleh berbagai pelaku usaha dunia kontruksi digital Asia, serta didukung penuh oleh Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN.

Perseroan juga turut berbagi kebahagiaan bersama seluruh pegawai dalam rangka memperingati HUT perseroan ke-66 dengan melaksanakan rangkaian kegiatan antara lain Fun Bike, Donor Darah, Color Run, Golf, Bazaar dan pada hari Jumat 23 Agustus lalu, perseroan menyelenggarakan Gala Dinner di The Hall Senayan City Jakarta.

Sebagai perusahaan konstruksi yang telah bertransformasi digital menjadi perusahaan doing digital dan guna meningkatkan kompetensi dan inovasi setiap unit, perseroan juga menyelenggarakan PP Awards pada hari Senin 26 Agustus di Auditorium Wisma Subiyanto, Plaza PP Jakarta.

Acara tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010 ini merupakan ajang bagi insan perseroan untuk meningkatkan inovasi, ide, kreativitas pegawai dalam
meningkatkan kinerja unit masing-masing. Seluruh nominasi dalam tiap kategori juga dapat menjadi tolak ukur bagi unit lain.

Tahun ini, PP Awards memiliki 6 kategori dan 22 sub-kategori, dengan total karya yang masuk sebanyak: pertama, Kinerja Ekselen sebanyak 22 peserta; kedua, Best Performance sebanyak 15 project; ketiga, Inovasi sebanyak 239 inovasi; keempat, Buku karya sebanyak 80 buku; kelima, Fotografi dan video sebanyak 1.102 karya; dan keenam, Kategori khusus (BIM, ERP, Green Construction, Value Management, Ide Kreatif, QHSE, Afiliasi Terbaik) sebanyak 220 karya.

Lukman Hidayat menambahkan, rangkaian acara HUT perseroan kali ini penuh semangat sinergitas dan kreatifitas tinggi dari seluruh unit, dan ini terlihat dari jumlah karya yang masuk pada ajang PP Awards itu.

“Dengan seluruh inovasi dan karya yang masuk, diharapkan dapat diterapkan pada seluruh unit Perseroan dan menjadi benchmark bagi perusahaan lainnya, serta meningkatkan value Perseroan di mata dunia,” tutup dia.

(Zaenal Arifin)