Manokwari, Aktual.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, bersama puluhan dokter spesialis menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tiga distrik di Rumah Sakit Pratama Warmare, Sabtu (10/12).

Ketua IDI Kabupaten Manokwari dr. Rivaldi D Liligoly, Sp.OG mengatakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tiga distrik yaitu Warmare, Prafi, dan Masni merupakan pengabdian profesi dokter kepada masyarakat dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022.
“Masih dalam rangkaian HKN 2022, IDI Manokwari menginisiasi pelayanan di lingkungan masyarakat bersama para dokter spesialis untuk menjangkau kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan skrining dokter spesialis,” ujar Rivaldi.
Ia menyebutkan para dokter spesialis yang terlibat dalam bakti sosial tersebut di antaranya spesialis penyakit dalam, spesialis anak, anestesi, bedah, THT, mata, patologi klinik, patologi anatomi, kesehatan gigi dan mulut, dan spesialis kandungan.

Menurut dia, sebagian besar warga tiga distrik sangat membutuhkan pemeriksaan kesehatan dokter spesialis, tetapi terkendala akses, fasilitas, dan sumberdaya manusia di pusat-pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Pelayanan bersama dokter spesialis ini hanya digelar sehari di RS Pratama Warmare, jika ada keluhan warga yang membutuhkan penanganan serius, kami sarankan agar kontrol rutin dan segera dirujuk untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya.
Ia berharap melalui bakti sosial bersama para dokter spesialis menjadi sebuah dorongan bagi pemerintah daerah setempat segera melengkapi sarana prasarana dan SDM di RS Pratama Warmare.
“Pelayanan kami hanya sehari, tetapi kiranya menjadi motivasi bagi Pemkab Manokwari untuk melengkapi peralatan dan tenaga spesialis di RS Pratama Warmare, satu-satunya rumah sakit milik pemerintah yang dapat melayani masyarakat wilayah tiga distrik,” ujarnya.
(Warto'i)