Jakarta, Aktual.co — Mantan Manajer Olahraga klub Persija Jakarta, IGK Manila merasa manajemen klub berjuluk Macan Kemayoran, harus mengalami perombakkan.

Hal ini dilakukan karena, klub asal Ibu Kota itu dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini, tidak mampu lolos dari babak fase grup.

“Manajemen sekarang kurang pintar mengelola klub. Harus pintar mencari orang-orang kompeten di manajemen,” kata IGK Manila ketika dihubungi Aktual.co, Jumat (7/11).

Dikatakan pria yang sempat merasakan Persija menjadi juara Liga Indonesia musim 2001 itu mengatakan bahwa, manajemen Persija sekarang terlalu ikut campur dalam urusan internal pelatih.

Selain itu dengan dilepasnya Persija ke pihak swasta, juga mempengaruhi penampilan Persija di kompetisi. Ditambah, pihak swasta yang digandeng sekarang, kurang men-support dalam hal keuangan.

“Harus ada batasan siapa yang mencari uang, siapa yang berurusan dengan tim. Kalau yang sekarang saya lihat manajemn terlalu ikut campur,” tambahnya.

“Kendala keuangan juga jadi penghambat. Persija jadi tidak bisa membeli pemain yang benar-benar berkualitas. Kalau dulu saya menjabat ada Sutiyoso yang gila bola. Apresiasi ke pemain sangat tinggi. Jadi pantas juara,” pungkasnya.

()

()