Jakarta, Aktual.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali menguat pada sesi perdagangan Selasa (19/7) hari ini, setelah pada penutupan sesi perdagangan kemarin indeks saham ditutup di zona hijau.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, kenaikan tipis IHSG pada sesi perdagangan kemarin, disebabkan oleh masih minimnya sentimen pada awal pekan ini.

“Investor cenderung wait and see menantikan kebijakan suku bunga pada tengah pekan nanti,” ujar dia, dalam risetnya, Selasa (19/7).

Dengan masih minimnya sentimen, Dennies memproyeksikan, IHSG pada sesi perdagangan hari ini akan kembali menguat secara terbatas.

“IHSG diprediksi Menguat. Secara teknikal candlestick membentuk doji dengan lower high dan lower low dan MACD masih dalam trend distribusi mengindikasikan potensi pelemahan namun dalam rentang yang terbatas,” kata dia.

Lebih lanjut Ia bilang, IHSG pada hari ini berpotensi bergerak pada rentang support 6.566-6.612, dengan rentang resistance 6.703-6.748.

Senada dengan Dennies, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memprediksi, IHSG berpotensi menguat secara terbatas pada sesi perdagangan hari ini.

William menyebutkan, sentimen laporan kinerja keuangan emiten sepanjang semester satu masih dinantikan agar dapat memberikan dorongan terhadap kenaikan IHSG.

Adapun secara teknikal, William bilang, IHSG terlihat betah berada dalam rentang sideways dengan pola pergerakan masih terbatas baik peluang naik maupun potensi turun, di mana hari ini IHSG berpotensi bergerak pada rentang 6.578-6.789.

“Hari ini IHSG berpotensi naik,” ucap dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra