Jakarta, Aktual.com – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mengharapkan sekolah-sekolah di Jakarta diliburkan selama penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018.

“Kami harus menyiasati tingkat kemacetan di Jakarta turun 20-30 persen, caranya dengan meliburkan sekolah dan penyesuaian jam kerja perkantoran. Tapi, otoritas itu bukan pada kami,” kata Ketua INASGOC Erick Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, ditulis Sabtu (10/2).

Erick mengaku langkah INASGOC untuk meliburkan sekolah dan penyesuaian jam kerja di Jakarta bertujuan mengurangi waktu perjalanan atlet dan ofisial peserta Asian Games hingga kurang dari 30 menit.

INASGOC telah menguji coba perjalanan atlet dan ofisial dari Wisma Atlet di Kemayoran menuju Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan sejumlah lokasi lain pertandingan Asian Games di Jakarta yang mencapai lebih dari satu jam jika terjadi hujan dan menembus kemacetan.

“Kami sudah mencoba transportasi dengan jalur khusus Asian Games dan durasi perjalanan mencapai sekitar 40 menit tanpa melalui jalan tol. Jika menggunakan jalan tol, perjalanan bisa kurang dari 30 menit. Tapi, perjalanan mencapai lebih dari satu jam jika macet di jalan tol,” kata Erick.

INASGOC akan menggunakan jalur khusus Asian Games 2018 di sepanjang jalur bus Transjakarta dan jalur khusus di ruas-ruas jalan tol DKI Jakarta untuk mengurangi durasi perjalanan atlet dan ofisial.

“Kami harus melakukan langkah ekstrem yaitu dengan penyesuaian jam kantor dan libur sekolah. Saya berharap kemacetan berkurang 30 persen, tapi 20 persen saja sudah bagus dengan libur sekolah dan jam kerja kantor,” kata Erick.

Kendaraan-kendaraan khusus Asian Games, menurut Erick, akan dibekali dengan stiker khusus sehingga dapat melalui jalur bus Transjakarta.

Namun, INASGOC belum memberlakukan jalur khusus kendaraan Asian Games dalam penyelenggaraan kejuaraan uji coba yang berlangsung di Jakarta, pada 8-15 Februari.

Kejuaraan Uji Coba Asian Games 2018 diikuti oleh 502 atlet dan ofisial dari 18 negara Asia serta 532 jurnalis dari sejumlah negara Asia.

 

Ant.

()