New Delhi, Aktual.com – India akan membangun sebuah pusat satelit pelacak dan pencitraan di Vietnam bagian selatan, yang akan memberikan Hanoi akses gambar yang ditangkap satelit pengamatan bumi India yang mencakup seluruh wilayah, termasuk Tiongkok dan Laut Tiongkok Selatan.

Menurut pejabat India, langkah ini bisa menganggu Beijing, namun mempererat hubungan antara India dan Vietnam, yang mana keduanya mengalami perselisihan wilayah berkepanjangan dengan Tiongkok.

Ketika diminta sebagai sebuah fasilitas sipil – satelit observasi bumi memiliki aplikasi pencitraan pertanian, ilmu pengetahuan dan lingkungan – ahli keamanan mengatakan teknologi pencitraan yang meningkat berarti gambar bisa juga digunakan untuk tujuan militer.

Hanoi secara khusus telah mencari teknologi canggih untuk intelijen, pengawasan dan pengintaian saat ketegangan meningkat dengan Tiongkok terkait sengketa Laut Tiongkok Selatan.

“Dalam istilah militer, langkah ini bisa menjadi cukup signifikan,” kata pakar keamanan laut di S Rajaratnam School of International Studies, Singapura, seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/1).

“Ini terlihat seperti solusi saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, mengisi kekosongan yang signifikan bagi Vietnam dan memperluas jangkauan India,” tambahnya.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) akan mendanai dan membangun pusat satelit pelacakan dan penerimaan data di Kota Ho Chi Minh untuk memantau peluncuran satelit India, kata pejabat India.

()