Mumbai, Aktual.com – Kepolisian India menahan anggota parlemen T Raja Singh pada Selasa (23/8) atas komentarnya tentang Nabi Muhammad yang dianggap “mendorong permusuhan atas nama agama”.

Penahanan itu dilakukan setelah komunitas Muslim menuntut penangkapan Singh, anggota parlemen negara bagian Telangana dari partai Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP).

“Dia telah dituntut dengan tuduhan mendorong permusuhan atas nama agama,” kata Joel Davis, pejabat senior kepolisian di Kota Hyderabad.

Dia mengatakan penahanan itu terkait dengan video yang diunggah Singh belum lama ini.

Dalam video yang beredar di media sosial itu, Singh, yang sepertinya merujuk pada Nabi Muhammad, mengatakan seorang pria tua menikahi seorang gadis yang umurnya berpuluh-puluh tahun lebih muda.

Singh belum dapat dihubungi untuk dimintai komentarnya.

Partai nasionalis Hindu BJP akan menyelidiki komentar Singh itu dan melakukan tindakan jika dia terbukti telah melanggar kode etik, kata juru bicara partai K Krishna Rao kepada kanal berita News18.

Ratusan warga Muslim memprotes Singh pada Senin malam setelah video itu beredar di media sosial, menurut rekaman media.

Beberapa bulan sebelumnya BJP menonaktifkan juru bicara partai itu atas komentarnya tentang Nabi Muhammad yang mengundang kecaman diplomatik terhadap India. (Reuters)

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)