Jakarta, Aktual.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengurangan dan pengelolaan sampah antara lain melalui upaya struktural dengan membangun infrastruktur persampahan di berbagai daerah.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Jakarta, Minggu, mengatakan sangat mendukung Gerakan Indonesia Bersih yang baru diluncurkan pekan lalu.

Menurut dia, selain upaya struktural, pihaknya juga membantu upaya nonstruktural yaitu mendorong perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

Hal tersebut, lanjutnya, karena persoalan itu tidak hanya terkait permasalahan buang sampah pada tempatnya, namun bagian dari gaya hidup bersih dan sehat.

Untuk itu, ujar dia, di samping edukasi dan imbauan, tetapi juga perlu peraturan dan penegakannya yang bersifat tegas mengenai larangan membuang sampah sembarang.

Menurut Menteri, pengaruh lingkungan terhadap derajat kesehatan manusia dipengaruhi empat komponen utama yaitu 40 persen dari kondisi lingkungan, 30 persen dari perilaku hidup, 20 persen pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika atau keturunan.

Kementerian PUPR turut berperan aktif dalam pengurangan dan pengolahan sampah, baik melalui program reguler dan program khusus.

(Abdul Hamid)