Jakarta, Aktual.com – Indonesia meloloskan empat wakil ke perempat final Kejuaraan Dunia BWF 2022 setelah tiga wakil lainnya terhenti pada babak 16 besar di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Kamis (25/8).

Empat wakil yang akan tampil pada babak delapan besar pada Jumat (26/8) besok adalah ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhamamad Rian Ardianto, serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Hendra/Ahsan menang atas wakil Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel 21-18, 23-21, diikuti oleh Fajar/Rian yang mengalahkan pasangan Jepang Akira Koga/Taichi Saito 21-19, 21-16.

Sayangnya, kemenangan tak berpihak kepada pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Unggulan teratas itu kembali gagal membukukan gelar juara dunia BWF perdananya setelah disingkirkan wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy dalam dua gim langsung.

Indonesia juga masih menyisakan dua wakil dari sektor tunggal putra. Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak delapan besar berkat kemenangannya atas wakil China Shi Yu Qi 21-11, 13-21, 21-18 dalam laga berdurasi satu jam.

Kemenangan tersebut sekaligus menandai untuk pertama kalinya Anthony berhasil mengalahkan rivalnya itu setelah kalah dalam enam pertemuan sebelumnya.

Jonatan Christie juga lolos ke perempat final setelah mengalahkan wakil Taiwan Wang Tzu Wei 24-22, 21-16.

Sementara itu, wakil Indonesia di sektor ganda campuran sudah habis menyusul kekalahan Rehan Naufal/Lisa Ayu Kusumawati dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Rehan/Lisa takluk kepada unggulan kelima asal Korea Selatan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung 21-23, 12-21, sedangkan Rinov/Pitha belum mampu menghentikan perlawanan unggulan China yang juga peraih emas Olimpiade Tokyo, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dengan kekalahan 16-21, 14-21.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)