Jakarta, Aktual.com – Mata kering ketika mengenakan masker terjadi karena masalah aliran udara. Saat seseorang bernapas dan masker tidak terpasang dengan benar, maka udara dapat mengalir ke atas dan melintasi permukaan mata.

Kondisi ini, seperti disiarkan Health belum lama ini, mendorong penguapan dan pada akhirnya bisa mengeringkan mata. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Mata kering bisa menjadi masalah yang menyakitkan dan seberapa peduli seseorang tentang hal ini pada akhirnya tergantung pada tingkat keparahan gejalanya, menurut dokter mata di UCLA Health Vivian Shibayama, OD.

Menurut dia, langkah pertama untuk membantu meringankan masalah mata yakni memastikan masker terpasang dengan pas. Masker dengan penyangga hidung yang dapat dibentuk dan pengait telinga dapat disesuaikan, dapat membantu memastikan pemasangan yang lebih ketat.

Jika itu tidak berhasil, dokter spesialis kornea di Wills Eye Hospital Dr. Kanesa-thasan merekomendasikan untuk melipat tisu menjadi gulungan dan menyelipkannya di bawah bagian atas masker. Ini untuk menambah bantalan tambahan di tepi atas masker dan mencegah udara keluar, mirip dengan menempatkan handuk di bawah pintu untuk menghindari angin.

Pada malam hari, cobalah lakukan kompres hangat mata (basahi waslap dengan air hangat dan tempelkan pada mata selama beberapa menit). Cara ini dapat membantu merangsang kelenjar Meibom kelopak mata yang bertanggung jawab atas lapisan luar minyak air mata dan mendorong lebih banyak minyak keluar dari kelenjar.

Dan, dengan lebih banyak minyak dalam air mata, maka pelumasan pada mata akan lebih kecil kemungkinannya untuk menguap dengan cepat.

Menggunakan obat tetes mata beberapa kali sehari juga dapat membantu. Namun, ini hanya berfungsi pada seseorang yang tidak memakai lensa kontak.

(Andy Abdul Hamid)