Surat pemberitahuan dari Pemprov DKI Jakarta tertempel di salah satu rumah di kawasan Kalijodo, Jakarta, Minggu (14/2). Surat edaran tersebut berisi antara lain akan adanya pengembalian fungsi kawasan Kalijodo menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan tawaran bagi warga untuk beralih profesi atau dipulangkan ke daerah masing-masing. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye/16

Jakarta, Aktual.com – Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, berencana melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas terkait penertiban kawasan Kalijodo pada Senin (29/2).

“Sehubungan dengan adanya penertiban kawasan Kalijodo pada Senin minggu depan, kami akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi tersebut,” kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Jakarta, Sabtu (27/2).

Menurut Andri Yansyah, rekayasa lalu lintas itu berupa penutupan Jalan Bandengan Utara (mulai dari Simpang Jalan Jembatan Tiga atau Jalan Jembatan Dua) hingga ke Jalan Teluk Gong Raya (simpang Jalan Kampung Gusti atau Jalan B Teluk Gong).

“Lalu lintas di Jalan Bandengan Utara sampai dengan Jalan Teluk Gong Raya akan ditutup pada hari Senin, mulai dari pukul 05.00 WIB hingga selesai proses penertiban di kawasan Kalijodo,” ujar Andri.

Oleh karena itu, lalu lintas dari arah barat (Jalan Teluk Gong Raya) menuju timur (Jalan Bandengan Utara) akan dialihkan melalui Jalan Kapuk Muara. Sedangkan, lalu lintas dari arah timur (Jalan Bandengan Utara) menuju barat (Jalan Teluk Gong Raya) dialihkan melalui Jalan Jembatan Tiga dan Jalan Jembatan Dua.

“Penutupan juga akan kami lakukan di Jalan Pangeran Tubagus Angke mulai dari pukul 05.00 WIB sampai penertiban dan pembongkaran bangunan di Kalijodo selesai,” tutur Andri.

Terkait penutupan Jalan Pangeran Tubagus Angke itu, lalu lintas dari arah barat (Pesing) akan dialihkan ke Jalan Kampung Gusti atau berputar arah di depan Bakmi Santosa/ Keramik. Sedangkan, lalu lintas dari arah timur (Grogol) dialihkan ke Jalan Jembatan Dua.

“Dengan demikian, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak berkepentingan ke kawasan Kalijodo agar menghindari ruas-ruas jalan tersebut,” ungkap Andri.

(Antara)

()