Jakarta, Aktual.com — Setiap rumah memiliki gaya khas yang berbeda-beda. Beberapa orang ingin memiliki rumah yang terihat bersih serta rapih, dan beberapa lainnya lebih memilih tinggal dengan keadaan rumah yang berantakan.

Rumah yang rapih dan bersih mencermikan pribadi seseorang yang tinggal di dalamnya. Misalnya seorang penyuka ‘games’, pasti akan menghias rumah atau pun kamarnya dengan atribut games yang disukainya. Atau, ia penyuka suasana romantis akan mewarnai rumahnya dengan nuansa merah muda yang menandakan cinta kasih. Namun, bagaimana sebenarnya rumah seorang Muslim yang baik?

Dalam laman Mvslim.com telah merangkum tanda-tanda rumah seorang Muslim yang baik. Di antaranya :

Pertama, yaitu adanya garis sepatu di bagian pintu tepat di dekat karpet. Hal tersebut menandakan agar kotoran pada sepatu tak mengotori rumah Anda. Selain itu, kuman dari luar pun tak masuk ke dalam rumah Anda. Sehingga rumah Anda terlihat lebih bersih.

Kedua, banyak sajadah terlihat di ruangan Anda. Sebagai seorang Muslim, menggunakan sajadah kita berarti telah memisahkan antara bagian bawah dengan yang lebih bersih.

Dengan menggunakan sajadah kita bisa sujud dengan baik karena memang posisi terbaik yaitu, sujud di mana kita bisa benar-benar melepas semua kepenatan yang ada. Sajadah menjadi perantara terbaik ketika salat, ketika kepala menyentuh permukaan Bumi.

Disarankan setiap salat, seorang Muslim harus mengenakan sajadah untuk membedakan antara tanah dan alas untuk salat. Hal ini berguna untuk menghindari hadas yang ada di bawah.

Ketiga, di rumah seorang Muslim, adanya bingkai bertuliskan huruf Arab di setiap sisi ruangan. Rumah seorang Muslim lebih baik memajang pajangan bertuliskan huruf arab (kaligrafi) seperti tulisan kaligrafi Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Ayat Kursi dan lainnya.

Keempat, selalu ada yang mengucapkan “Allahu Akbar”. Dalam setiap kata, atau pun percakapan, seorang Muslim akan selalu mengatakan “Allahu Akbar” ketika mendengar sesuatu yang baik atau pun yang buruk.

Kelima, rumah seorang Muslim, selalu menaruh ember di dekat toilet untuk mencuci tangan atau wudhu sebelum berdoa.

Keenam, harus ada Alquran di setiap ruangan. Kitab suci Alquran merupakan petunjuk dari segala petunjuk kehidupan yang baik untuk umat Islam. Ada baiknya selalu membaca Alquran di setiap usai salat lima waktu.

Ketujuh, Selalu memberikan makanan kepada tamu. Muslim yang baik, selalu menghargai setiap tamu yang datang dan tak akan membiarkannya pulang dengan tangan kosong meskipun tidak memiliki makanan yang berlebih.

Kedelapan, selalu mengucapkan doa sebelum melakukan sesuatu.

()

()