Jakarta, Aktual.co —Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik oleh MPR pada hari ini, Senin (20/10). Untuk menyambut resminya Jokowi sebagai Presiden RI, para relawan telah menyiapkan acara khusus yaitu kirab dan acara syukuran di Monumen Nasional.
Olga Lidya, salah satu seniman Indonesia yang juga merupakan relawan Jokowi memaparkan agenda acara kirab hingga acara puncak yang dilaksanakan di Monas pada hari ini.
Jokowi hari ini akan memulai agendanya dengan mengikuti acara pelantikan di gedung DPR/MPR, Senayan sekitar pukul 10.00 WIB. “Acara sekitar 70 menit, kemudian Jokowi akan menerima tamu negara, berfoto, dan salat,” ujar Olga, Minggu, (19/10).
Kemudian setelah acara pelantikan selesai, Jokowi akan keluar meninggalkan gedung DPR/MPR sekitar pukul 12.00 WIB dan tiba di Bundaran Hotel Indonesia, tempat para relawan berkumpul, dengan mobil kepresidenan RI-1 sekitar pukul 12.15 WIB. Dari Bundaran HI, acara kirab akan dimulai dan Jokowi akan berganti kendaraan dengan menggunakan andong dan diarak menuju Istana Merdeka. “Pukul 14.10 WIB, Jokowi disambut Susilo Bambang Yudhoyono. Ada acara militer sekitar 30 menit,” ujarnya.
Di Istana, Jokowi rencananya akan melakukan teleconference dengan masyarakat di delapan kota di wilayah Indonesia. Satu jam kemudian, Jokowi akan kembali ke kawasan Monas dengan mobil kepresidenan RI-1.
Pada pukul 17.00 WIB, Jokowi memulai acara syukuran dengan memberikan pidato pertama kepada rakyat, dilanjutkan berdoa bersama. “Akan ada acara potong tumpeng. Di seluruh Indonesia juga akan ada upacara syukuran,” tambahnya. Pukul 17.30 WIB, Jokowi kembali ke Istana untuk istirahat dan akan kembali ke Monas pada pukul 18.30-19.30 WIB. Penutupan akan dilakukan pukul 21.00-22.00 WIB dengan berbagai pertunjukan musik dan pelepasan lampion. “Saya mengurus acara dan berkoordinasi dengan protokoler Kepresidenan,” ujar Olga.

(Andy Abdul Hamid)