Jakarta, Aktual.co — Pernahkah Anda mimpi melakukan aksi pembunuhan?  Bila jawabnya “Ya”, menurut para ilmuwan hal itu  pertanda bahwa Anda adalah orang yang mempunyai sifat tidak bersahabat, tertutup dan anti sosialisasi. Baru-baru ini, para ilmuwan dari Eropa menyatakan riset terbaru yang menghubungkan mimpi terkait dengan pembunuhan dan sifat-sifat manusia.

Dailymail melaporkan, orang  tertutup (introvert) biasanya sering mimpi buruk, seperti membunuh manusia, hewan, dan sebagainya. Sementara itu, ahli mimpi menyatakan, bahwa mereka yang suka mimpi membunuh seseorang, cenderung lebih agresif ketika tertidur. Peneliti dari Jerman menjelaskan, bahwa orang introvert sering memendam apa yang mereka rasakan, dan dibesar-besarkan melalui mimpi.

Profesor Michael Shredl dari Institut Pusat Laboratorium Tidur Kesehatan Mental di Mannheim, Jerman bersama timnya, meneliti tentang mimpi dan karakter dari 443 mahasiswa Universitas Jerman. Para mahasiswa diwajibkan untuk mengingat rata-rata 2-3 mimpi dalam sepekan. Sekitar 19 persen dari mahasiswa pernah mimpi membunuh orang. Dan, ternyata pria lebih sering mengalaminya ketimbang wanita.

Penelitian juga menyatakan, ciri-ciri orang introvert yakni rendahnya tingkat emosional mereka dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan orang yang cenderung terbuka, mereka akan lebih bisa mengontrol emosi.

Psikolog dari University of Montreal menyimpulkan suatu riset, bahwa ada pemisah gender dalam pikiran bawah sadar manusia. Mimpi buruk pria lebih cenderung menampilkan kejadian bencana atau musibah seperti banjir, gempa bumi, dan perang. Selain itu, pria juga lebih sering bermimpi tentang serangga, ular, dan tikus. Sebaliknya, konflik antar pribadi seperti bertengkar pasangan, keluarga atau pekerjaan lebih sering muncul dalam mimpi buruk wanita.

()