Ilustrasi- Secangkir Kopi dan Tasbih

Jakarta, Aktual.com – Kopi merupakan salah satu minuman khas yang sangat disukai oleh banyak orang. Bukan hanya di Indonesia, kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat luar negri.

Berbagai macam merek-merek kopi tersebar luas di dunia, mulai dari robusta, arabica sampai dengan kopi khas Indonesia yaitu kopi mandailing, kopi gayo, kopi lampung dan berbagai merek lainnya.

Di sisi lain, sekarang sudah mulai marak cafe-cafeyang menyediakan berbagai macam kopi yang telah disebutkan sebelumnya. Cafe-cafe itu biasanya dipenuhi oleh pemuda-pemuda atau bahkan orang yang sudah tua hanya untuk merasakan nikmatnya kopi. Terkadang juga, jika dalam suatu pengajian atau hanya diskusi-diskusi kecil, sepertinya ada suatu hal yang kurang jika tidak ditemani oleh nikmatnya kopi.

Selain itu, kopi juga memiliki banyak sekali manfaat khususnya dalam masalah kesehatan. Syekh Ikhsan Jampes seorang ulama asal kediri yang terkenal dengan karangannya yang berjudul Sirajuth Tholibin ini, membuat kitab khusus yang membahas tentang rokok dan kopi yang ia beri judul Irsyadul Ikhwan fi Bayani Ahkam Syurb al-Qahwah wa ad-Dukhan.

Dalam kitabnya tersebut, Syekh Ikhsan mengatakan bahwa setidaknya ada lima faidah yang terdapat dalam kopi, yaitu:

Pertama, Membuat diri menjadi rajin

Kopi yang senantiasa kita minum akan memberikan rasa semangat serta rasa pantang menyerah. Sebab di dalam segelas kopi mengandung jutaan energi di dalamnya.

Kedua, Melancarkan pencernaan

Menurut sebagian ahli kesehatan, kopi merupakan zat yang paling signifikan meningkatkan gerakan usus, bahkan 60 persen lebih kuat dibandingkan dengan air hangat.

Ketiga, Menghilangkan dahak

Keempat, Memperbaiki alur pernafasan

Kelima, Membantu menggapai tujuan.

Manfaat kelima yang terdapat di dalam kopi yaitu membantu menggapai tujuan. Sebab, biasanya para ahli sufi khususnya mereka yang senantiasa menghiasi dirinya berdzikir di malam hari, biasa meminum kopi agar mereka tidak tertidur di malam tersebut. sehingga tujuannya untuk berdzikir di malam itu tercapai.

Berikut penggalan bait syair yang disampaikan oleh Syekh Ihsan Jampes Kediri:

عليك بأكل البُنِّ فى كلّ ساعة # ففى البنِّ للأكل خمس فوائد نشاط و تهضيم و تخليل بلغَم# تطَيُّب اَنْفاس و عون لقاصد

“Minumlah kopi setiap waktu, karena ada lima faidah di dalamnya; Membuat diri menjadi rajin (semangat), melancarkan pencernaan, menghilangkan dahak, memperbaiki alur pernafasan, dan membantu menggapai tujuan,”

Wallahu a’lam

(Rizky Zulkarnain)

(Arie Saputra)