Ilustrasi-sana dan sanut.

Jakarta, Aktual.com – Rasulullah SAW selalu mewasiatkan kepada umatnya untuk menjaga kesehatan dan juga berobat dengan obat-obat yang herbal seperti sana dan sanut.

Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunannya bahwa Abu Ubay bin Ammi Haram berkata, Rasulullah SAW bersabda:

إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي عَبْلَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أُبَيِّ بْنَ أُمِّ حَرَامٍ وَكَانَ قَدْ صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقِبْلَتَيْنِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِالسَّنَى وَالسَّنُّوتِ فَإِنَّ فِيهِمَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ

Abu Ubay bin Ummi Haram dan dia ikut serta shalat bersama Rasulullah SAW menghadap dua kiblat dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: “Hendaknya kalian menggunakan pohon sanaa (sejenis pohon yang di gunkan untuk obat) dan sanuut (madu atau sari buah yang kental), karena keduanya mengandung penawar dari semua penyakit, kecuali As Saam.” Beliau ditanya, “Wahai Rasulullah, apakah As Saam itu?” beliau menjawab: “Kematian.”

Lalu, apakah sana dan sanut itu?

Sana adalah termasuk jenis rerumputan yang berumur panjang dan hidup bertahun-tahun. Ia tersebar di wilayah gurun Arab dan India. Ia terkadang disebut dengan sana atau sanamuki. Adapun bagian yang digunakan untuk obat-obatan adalah dedaunannya yang sudah kering atau buahnya yang dikeringkan.

Sanamuki merupakan obat mencret. Pengaruhnya bagi penderita bergantung pada dosis yang diminumnya. Ukuran satu dosisnya adalah dua gram dari daunnya yang sudah ditumbuh halus. Dampak dari meminumnya tidak akan diikuti sembelit seperti yang terjadi akibat minum obat mencret lainnya.

Adapun sanut adalah tumbuhan yang memiliki aroma harum. Ia banyak ditanam diberbagai penjuru dunia dan sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno. Ia terkadang disebut kummun. Dalam buahnya terkandung minyak volatile dengan presentase antara 3-4%, bahkan terkadang prosesntasenya mencapai 7%. Warna minyaknya kuning mengkilap dan rasanya pedas dengan sedikit panas. Ia mengandung beberapa zat, di antaranya aldehyde kammun yang minyaknya berkisar antara 30-35%, pinine, daebintine, dan villandrine

Sanut termasuk jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai campuran beberapa jenis makanan. Minyaknya dapat digunakan untuk mengobati mulas, menghilangkan gas dalam perut, dan memunculkan selera makan.

Tapi perlu diingat, apabila sana dikonsumsi secara berlebihan, ia akan mengakibatkan pengerutan pada usus. Untuk meringankan pengerutan tersebut, hendaklah ditambahkan sedikit sanut.

Itulah sana dan sanut, salah satu obat-obatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi jika mengalami penyakit diare.

Waallahu a’lam

(Rizky Zulkarnain)

(Arie Saputra)