Jakarta, Aktual.com –┬áJika membahas mengenai bisnis, tak jauh dari yang namanya penjualan dan juga pembelian, atau juga bisa disebut dengan transaksi. Kedua aktivitas tersebut sering dilakukan untuk menjalankan sebuah usaha. Dalam kegiatan tersebut ada suatu hal yang penting, yaitu adalah invoice. Untuk itu, di era digital saat ini sudah sangat memungkinkan untuk menggunakan aplikasi invoice online Indonesia atau pembelian agar lebih mudah membuat sebuah invoice penjualan maupun pembelian.

Kedua hal tersebut sangat penting terlebih sebagai bukti transaksi antar dua belah pihak. Alhasil dokumen tersebut wajib untuk dijaga bila suatu waktu dibutuhkan terutama saat membuat laporan keuangan.

Apa itu Invoice?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah, dan harga yang dikeluarkan oleh penjual dan harus dibayarkan oleh pembeli atau pelanggan.

Pengertian invoice juga bisa diartikan sebagai dokumen tertulis yang berisikan surat penagihan hutang yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai pihak penghutang. Transaksi jual beli yang tertera di dalam invoice adalah bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit.

Umumnya, invoice dibuat dalam tiga rangkap. Satu lembar untuk pembeli ketika sudah melunasi pembayarannya, kemudian satu lembar untuk arsip penjualan, dan satu lembar terakhir untuk dijadikan bukti di laporan keuangan.

Setiap bisnis dan jenis transaksi yang berbeda, akan mengeluarkan invoice yang berbeda juga. Bahkan kini Anda bisa download template invoice dengan menggunakan kata kunci tersebut di mesin pencarian internet.

Perbedaan Invoice dengan Kwitansi dan Nota

halaman selanjutnya…

(Advertorial)